Breaking News:

Berita Belitung

Bawaslu Belitung Timur Bentuk Pokja Pengawasan Pencalonan Jelang Pilkada 2020

Badan Pengawas Pemilu Belitung Timur membentuk kelompok kerja pengawasan pencalonan, Rabu, (12/8/2020).

Dokumen Pos Belitung
Ketua Bawaslu Beltim Wahyu Epan Yudhistira 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Menjelang penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Serentak pada Desember 2020 mendatang, Badan Pengawas Pemilu Belitung Timur membentuk kelompok kerja pengawasan pencalonan, Rabu, (12/8/2020).

Ketua Bawaslu Beltim Wahyu Epan Yudhistira mengatakan kelompok kerja ini terdiri dari lima unsur seperti Bawaslu, Kejaksaan, Kepolisian, Ikatan Dokter Indonesia, dan Dinas Pendidikan.

"Harus dilakukan kesebangunan dan kesepahaman dalam melaksanakan tugas pengawasan ini. Dinas Pendidikan akan bertugas memverifikasi keaslian ijazah para calon dan Kejaksaan menekankan pada pemastian terkait tindak pidana lima tahun atau lebih," kata Epan kepada posbelitung.co, Rabu (12/8/2020).

Selain itu, unsur kepolisian menekankan pada memastikan rekam jejak sang calon termasuk dengan SKCK-nya. Lalu dengan IDI Beltim berkaitan dengan pengawasan tes kesehatan para calon.

Epan mengatakan masa tugas kelompok kerja ini bekerja selama dua bulan, dimulai pada Agustus ini.

Tahapan Pilkada yang melibatkan pokja mulai masa pendaftaran calon, tanggapan masyarakat atas calon yang mendaftar, sampai penetapan calon oleh KPU.

Ia berharap kelompok kerja ini bisa bekerja secara optimal sehingga pengawasan pencalonan pada Pilkada Beltim bisa berjalan.

(Posbelitung.co/ Bryan Bimantoro)
 

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved