Breaking News:

Berita Belitung Timur

Tahapan Coklit untuk Pilkada di Belitung Timur Sudah Selesai, KPU akan Gelar Pleno Pemutakhiran Data

Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) sudah selesai 100 persen melaksanakan pendataan tahapan pencocokan dan penelitian (coklit)

Penulis: Suharli
Editor: nurhayati
Posbelitung.co/Suharli
Kepala Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Beltim, Rizky Rinaldi 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG-- Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) sudah selesai 100 persen melaksanakan pendataan tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) se Kabupaten Belitung untuk Pilkada 2020. 

Kepala Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU, Beltim Rizky Rinaldi, memastikan pelaksanaan tahapan pendataan pemilih yang dimulai pada (15/7/2020) lalu akan berakhir pada hari ini, Kamis (13/8/2020).

"Berdasarkan hasil monitoring kami, di kecamatan dan desa alhamdulihan sudah capaian 100 persen. Bahkan ada juga beberapa desa sebelum minggu ketiga sudah 100 persen, cuma tentu dalam pelaporan ini serentak pada hari ini,"ungkap Rizky kepada Posbelitung.co, Kamis (13/8/2020).

Dia menjelaskan, ini merupakan data hasil pemutahiran.

Diakuinya memang terkait data belum masuk 100 persen ke KPU kabupaten, tapi sudah diketahui dari hasil koordinasi, karena penyampaiannya secara berjenjang dari desa, ke kecamatan baru ke kabupaten.

Rizky menjelaskan, dari tanggal (13/8/2020) sampai dengan tanggal (29/8/2020) tahapan selanjut yang data diserahkan oleh PPDP akan disusun oleh PPS untuk diplenokan menjadi data pemutahiran kemudian naik ke PPK diplenakan dan dilanjutkan ke kabupaten barulah menjadi daftar pemilih tetap.

Terkait dengan warga Belitung Timur yang belum dicoklit atau terlewat karena baru pindah atau pemilih pemula dapat melapor ke PPS, PPK atau pun Ke KPU Kabupaten untuk mendaftarkan menjadi daftar pemilih melalui mekanisme tanggapan dan masukan masyarakat.

"Jadi warga masyarakat yang memenuhi hak pemilih, masih dapat terdaftar memilih baik di DPS atau DPT tentunya disertai dengan bukti otentiknya," jelas Rizky. (Posbelitung.co/Suharli)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved