Breaking News:

Berita Belitung

Dinkes Belitung Ambil 600 Sampel Darah Antisipasi Kaki Gajah

Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung mengambil sampel darah jari sebagai langkah pencegahan penyakit filaria atau kaki gajah

IST/Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung
Pengambilan sampel darah di jari sebagai antisipasi filariasis yang dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung di Kacang Butor, Kecamatan Badau Kamis (13/8/2020) malam. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung mengambil sampel darah jari sebagai langkah pencegahan penyakit filaria atau kaki gajah. Pengambilan sampel dilakukan di dua desa, Desa Kacang Butor dan Desa Sijuk dengan masing-masing 300 sampel.

"Cara pengambilan darah jari malam sesuai SOP terbaru pukul 22.00, Itu yang agak merepotkan kawan di lapangan. Selama ini di 2019 waktunya sekitar 18.30-00.00 WIB, sekarang waktunya berubah," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Joko Sarjono, Jumat (14/8/2020).

Pengambilan dilakukan pada waktu tersebut karena cacing filariasis muncul di darah tepi pinggir jari pada tengah malam.

Pengambilan sampel dilakukan di daerah sentinal yaitu di Kacang Butor karena berdekatan Belitung Timur yang baru eliminasi filariasis. Juga di Desa Sijuk sebagai antisipasi karena belum ada penderita penyakit tersebut. Makanya pemeriksaan dilakukan buat mengetahui ada tidaknya kasus baru.

Survei jari filaria diadakan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL) Palembang, bekerjasama dengan Subdit Filca Kemenkes dan dari Dinas Kesehatan Bangka Belitung pada 11-16 Agustus.

Sebelumnya pelaksanaan di lapangan terlebih dahulu dilakukan on job training di sini yang terdiri dari petugas dinas kesehatan provinsi maupun puskesmas dan kader-kader.

"Hasilnya bisa diketahui sekitar sebulan ke depan," sebutnya.

(Posbelitung.co/ Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved