Breaking News:

Berita Belitung

Mulai Usaha Kepariwisataan di Tengah Pandemi, Begini Kata Dosen Fakultas Ekonomi UBB

Devi Valeriani mengatakan pariwisata memang menjadi sektor yang mengalami dampak besar pandemi Covid-19

IST/Dok pribadi
Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung Devi Valeriani. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung Devi Valeriani, Jumat (14/8/2020) mengatakan pariwisata memang menjadi sektor yang mengalami dampak besar pandemi Covid-19. Dari segi bisnis perhotelan misalnya, tercatat 40 hotel yang terdata di Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bangka Belitung ditutup sementara.

Lalu mulai Juli, sejumlah hotel-hotel, restoran dan destinasi itu kembali beroperasi di tengah pandemi. Tentu dengan banyak adaptasi baru yang harus diperhatikan serta menjadi acuan dalam memulai kembali aktivitas kepariwisataan.

"Yaitu memerhatikan penerapan protokol kesehatan. Dalam kepariwisataan, hal mutlak yang harus dilakukan yakni menerapkan konsep CHS yaitu clean, healthy, and safety atau bersih, sehat, dan aman," ujarnya.

Devi menjabarkan bahwa dalam penerapan konsep tersebut, usaha disektor kepariwisataan harus mengutamakan sumber daya yang bersih. Baik itu sumber daya manusia maupun produk yang ditawarkan. Ini tentu akan sangat diperhatikan pengunjung atau wisatawan agar meminimalisir penyebaran Covid-19.

Lalu healthy atau sehat yang berarti unsur-unsur kesehatan harus terpenuhi ketika menjual jasa pariwisata. Kesehatan ini dapat diterapkan dengan menyediakan berbagai fasilitas yang dibutuhkan seperti sanitizer dan fasilitas mencuci tangan.

Kemudian hasil dari penerapan kebersihan dan kesehatan akan menjurus pada keinginan wisatawan dalam bentuk rasa aman atau safety. Dengan begitu, pelaku usaha disektor kepariwisataan ini harus mempersiapkan segala sarana penunjang penerapan protokol kesehatan.

"Tidak ada pilihan lain. Komponen-komponen tersebut harus diterapkan agar bisnis pariwisata bisa bangkit kembali," tuturnya.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved