Breaking News:

Tiga Jenis Bonsai Andalan Belitung (VIDEO)

Tiga jenis itu, bonsai sapu-sapu (Backea Fantesces), bonsai sekuncung (Liptos Furmuen), dan bonsai nasi-nasi (Sysyigium Boxifolia).

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Terdapat tiga jenis bonsai andalan Belitung. Tiga jenis itu, bonsai sapu-sapu (Backea Fantesces), bonsai sekuncung (Liptos Furmuen), dan bonsai nasi-nasi (Sysyigium Boxifolia).

Bonsai-bonsai ini sudah tembus ke luar negeri, untuk keperluan kontes atau dibeli oleh warga negara asing.

Negara yang punya bonsai Belitung, yaitu India dengan jenis pohon nasi-nasi, Singapura dan Malaysia dengan jenis pohon sapu-sapu.

"Jadi sudah sampai ke sana, dan bonsai itu memang sudah menjadi bonsai andalan Belitung. Kalau untuk bonsai ini, ada yang hanya sekedar hobi, ada sebagian yang di jual juga. Itu pemasaran nya biasa saat pameran, baik di tingkatan nasional, termasuk Asia Pasifik," ungkap Ketua PPBI Cabang Belitung Benny Andrea didampingi puluhan pencinta bonsai lain nya di Belitung, ketika berbincang - bincang dengan Posbelitung.co, Jumat (14/8/2020).

Bonsai merupakan sebuah tanaman yang dibentuk seindah mungkin. Ada istilah, bonsai adalah sebuah pohon besar, yang 'dikerdilkan' oleh seniman bonsai.

Untuk menciptakan bonsai tersebut, sangat membutuhkan waktu yang sangat panjang. Agar mencapai kata sedikit sempurna saja, perlu bertahun - tahun.

Umum nya untuk membentuk bonsai, mulai pemindahan dari alam liar ke media tanam baru, antara dua hingga tiga tahun. Adapula yang antara lima hingga tujuh tahun, agar bonsai tersebut betul - betul sempurna. Tapi untuk waktu pembentukan bonsai tersebut, tergantung jenis bonsai dan besar kecilnya bonsai itu.

"Kalau betul jadi benar, itu proses nya bisa 5 sampai 7 tahun, kalau untuk sapu - sapu. Itu lama, karena bonsai nya tidak memiliki dahan, tapi kalau yang memiliki dahan bisa 2 - 3 tahun," ujarnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Tomi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved