Breaking News:

Berita Belitung

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Belitung, Rencanakan Lakukan Peremajaan Perkebunan Lada

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, sudah berencana mengintensifkan atau meremajakan 100 hektare kebun lada.

Posbelitung.co/Disa Aryandi
Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) untuk Afrika Barat Mansyur Pangeran, sabtu (4/1/2020) ketika melihat salah satu perkebunan lada milik masyarakat di Desa Air Seruk, Kecamatan Sijuk. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG--Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, sudah berencana mengintensifkan atau meremajakan 100 hektare kebun lada. Rencana itu, sebagai bentuk meningkatkan produksi lada putih.

Intensifikasi lada ini harus dimulai, lantaran sudah memasuko musim penghujan. Diprakiraan cuaca, musim penghujan itu akan terjadi di awal bulan November 2020 mendatang.

Pohon lada yang dilakukan peremajaan tersebut, merupakan pohon lada yang sudah berusia tua, sehingga pohon tersebut terbilang tidak produktif lagi.

"Termasuk tanaman lada yang terkena serangan hama penyakit, akan diremajakan. Nah untuk intensifikasi kebun lada setiap tahun memang ada, dan telah disampaikan ke Provinsi melalui Musrenbang. Tahun ini kami mendapatkan 100 hektare," kata Kabid Perkebunan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung Hamzah kepada Posbelitung.co, sabtu (15/8/2020).

Menurutnya,  intensifikasi tanaman lada ini, yaitu melakukan pembongkaran sepenuhnya, mulai dari tanah, untuk dilakukan pengelolaan kembali, sebagai bentuk mengantisipasi penyakit.

"Itu nanti, untuk intensifikasi akan dilakukan di awal musim hujan. Untuk bibit lada yang disiapkan untuk ditanam nanti merupakan varietas petaling 1 dan nyelungkup, yang nantinya akan disebar secara merata ke kebun lada di sejumlah Kecamatan seperti Membalong, Sijuk dan Badau," jelas Hamzah. (Posbelitung.co/DisaAryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved