Breaking News:

Berita Belitung Timur

KPU Belitung Timur Sosialisasikan Pemeriksaan Kesehatan pada Parpol dan Bacalon Pilkada 2020

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Belitung Timur melaksanakan sosialisasi Pemeriksaan Kesehatan dan Pemberkasan Bakal Paslon Bupati dan Wakil Bupati

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Sosialisasi dihadiri oleh Burhanudin, Khairil Anwar, Yuri Kemal, dan Nurdiansyah berkapasitas sebagai bakal pasangan calon dalam Pilkada Beltim 2020. 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Belitung Timur melaksanakan sosialisasi Pemeriksaan Kesehatan dan Pemberkasan Bakal Paslon Bupati dan Wakil Bupati Beltim 2020, Sabtu (15/8/2020) di RM Fega, Manggar.

Ketua KPU Beltim Rizal mengatakan kegiatan ini merupakan amanah PKPU nomor satu tahun 2020 bahwa KPU provinsi sampai kabupaten menyampaikan pada bapaslon terkait syarat pencalonan dan persiapan pemeriksaan kesehatan.

"Presiden sampai Bupati pemeriksaannya sangat detail karena memang mereka merupakan calon kepala daerah yang bakal menjadi orang nomor satu dan dua di daerah tersebut. Mereka yang akan bertugas dalam penganggaran dan menentukan arah kemajuan daerah sehingga dalam menyiapkannya kita tidak main-main," kata Rizal saat ditemui Posbelitung.co, Sabtu (14/8/2020)

Pemeriksaan kesehatan ini masih memegang pedoman pada SK Juknis 231 tahun 2017 tentang standar yang dipakai KPU dalam pemeriksaan kesehatan. Rizal menjelaskan dalam peraturan itu belum mengatur masalah covid-19 yang sekarang jadi pandemi.

"Kita juga masih menunggu peraturan mengenai hal itu dari KPU RI. Seperti kata Komisioner KPU Provinsi Kep Babel tadi, covid-19 tidak bisa membatalkan pencalonan karena memang belum ada aturannya," kata Rizal.

Mengenai lokasi pemeriksaan kesehatan, Rizal mengaku belum bisa mengatakan akan dilaksanakan di mana. Karena ia masih koordinasi dengan IDI Beltim dalam hal menentukan tempat pemeriksaan.

"IDI sebagai organisasi profesi yang pasti sudah mengetahui seluk beluk dan mekanisme pemeriksaan kesehatan. Kami menunggu rekomendasi dari IDI untuk menentukan RS mana yang akan jadi lokasi, antara RSUP Soekarno Babel atau RSPAD Jakarta," ujarnya.

Lebih lanjut ia berharap setiap parpol dan bapaslon bisa memahami dan mendengarkan seluruh paparan sehingga jauh-jauh hari sudah mempersiapkannya secara optimal.

"Kami juga membuka helpdesk di Kantor KPU bagi rekan-rekan yang ingin konsultasi mengenai pemberkasan persyaratan dalam Pilkada. Ini sebagai bentuk pelayanan kami sehingga pada saat mendaftar sudah tidak ada kendala lagi," kata Rizal. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved