Breaking News:

Berita Belitung Timur

KPU Imbau Parpol dan Bacalon Lengkapi Persyaratan Jauh-jauh Hari

Tahapan pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur 2020 sudah hampir mendekati waktunya yakni pada tanggal 4-6 September 2020

Penulis: Suharli | Editor: Khamelia
posbelitung.co/suharli
Ketua KPU Belitung Timur, Rizal, Senin (20/7/2020) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Tahapan pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur 2020 sudah hampir mendekati waktunya yakni pada tanggal 4-6 September 2020 akan datang. Sedangkan perbaikan berkas sampai dengan 23 September 2020, KPU Belitung Timur mengimbau agar Perpol dan Balkl calon segera melengkapi persyaratan agar tidak terlambat.

"Ini waktu yang sama seperti pilkada sebelumnya yakni hanya 3 hari. Sebelumnya kami akan mengadakan pengumuman di media massa atau elektronik terkait penyampaian berkas atau pendaftaran pencalonan," ujar Ketua KPU Belitung Timur, Rizal saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (18/8/2020).

KPU Beltim sebelumnya juga sudah melakukan sosialisasi kepada parpol, bakal pasangan calon yang sudah mulai mengerucut dan bisa memastikan mereka yang akan mendaftar nantinya.

KPU sudah dua kali melakukan sosialisasi, syarat pengusungan calon dan syarat calon.

Dua Parpol dan satu bakal calon diakuinya sudah pernah mengkonsultasikan dan berkoordinasi dengan KPU melalui help desk untuk memberikan meminta saran dan pendapat syarat pendaftaran maupun syarat calon.

"Kami menyambut baik dan memang sudah menyampaikan dalam sosialisasi, silahkan bagi parpol maupun bakal pasangan calon ke help desk KPU untuk berkoordinasi, agar dalam masa pendaftaran nanti sudah dapat dipastikan bahwa berkas-berkas yang disampaikan ke kami benar sesuai PKPU nomor 1 tahun 2020 tentang pencalonan Gubernur, Bupati dan walikota pada pemilihan serentak 2020," ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa masa pendaftaran, perbaikan berkas sangat pendek, yakni pada tanggal 6 terakhir pendaftaran dan 23 september 2020 sudah ditetapkan.

"Apalagi di masa itu dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh karena itu kami mewanti-wanti kepada parpol dan bakal calon mulai dari sekarang mempersiapkan berkas calon. kita tahu bersama ada bakal pasangan calon yang berasal dari luar daerah. Kami khawatir berkas pencalonan tidak selesai dan pengurusannya juga di luar daerah, apalagi di masa pandemi ini kan, jadi intinya kalau sudah tahu dari awal silahkan mempersiapkan dari awal," bebernya. (posbelitung.co,suharli)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved