Breaking News:

Advertorial

65 Tim Peserta Siap Bertanding di Belitong de Sintak

DINAS Perikanan Kabupaten Belitung telah mempersiapkan gelaran turnamen mancing Belitong de Sintak 2020 yang digelar 22-23 Agustus nanti.

Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Ketua Panitia Belitong de Sintak Ade Winarko saat ditemui Pos Belitung di Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Belitung, Selasa (18/8). 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Dinas Perikanan Kabupaten Belitung telah mempersiapkan gelaran turnamen mancing Belitong de Sintak 2020 yang digelar 22-23 Agustus nanti. Hingga Selasa (18/8) kemarin, persiapan turnamen bertotal berhadiah Rp 225 juta itu sudah mencapai 80 persen.

“Kami sudah koordinasi dengan tim keamanan Polair, satgas Covid-19, puskesmas, dan Orari. Terakhir tinggal mematangkan kepanitiaan secara keseluruhan, sehingga Jumat diperkirakan persiapan teknis telah selesai,” kata Ketua Panitia Belitong de Sintak 2020, Ade Winarko, Selasa (18/8/2020).

Sesuai jadwal yang telah disampaikan kepada tim-tim yang akan bertanding, registrasi ulang para peserta akan dilakukan pukul 9.00-11.00 pada Sabtu (22/8) di base turnamem di Pantai Tanjung Kelayang. Makanya setiap peserta harus mempersiapkan identitas diri yang akan dicek panitia. Setelah sesuai dengan database, barulah disahkan dan diberikan atribut kepesertaan.

Ia menegaskan, bahwa minimal tiga orang dalam tim harus sesuai ketika mendaftar. Sehingga tidak diperbolehkan ada penggantian peserta dalam tim. Selanjutnya para peserta akan digelar sejumlah acara, seperti pelepasliaran tukik.

Pelepasan bagi tim yang bertanding akan dilakukan Bupati Belitung. Peserta yang mengikuti Belitong de Sintak diharuskan kembali keesokan harinya yakni Minggu (23/8) paling lambat pukul 12.00 WIB.

“Itu paling lambat, kapal sudah harus berlabuh di base turnamen. Kalau lewat satu detik saja dari jam panitia, maka akan didiskualifikasi. Peserta mau mancing jaraknya jauh silakan, asal kembali pada waktu yang telah ditentukan,” jelasnya. “Kami juga tidak membatasi teknik memancing dasaran, mau menggunakan umpan hidup atau umpan buatan boleh saja,” imbuh Ade.

Ketika kembali, proses penimbangan ikan hasil tangkapan akan mulai dilakukan panitia hingga pukul 13.00 WIB. Barulah seremonial penutupan dan penyerahan hadiah akan digelar sekitar pukul 14.00 WIB.

Hingga akhir pendaftaran, sebanyak 65 tim dipastikan akan bertanding. Tingginya minat peserta mengikuti turnamen tersebut, meski kuota awal hanya 50 tim, panitia kembali membuka pendaftaran bagi 15 tim. Tim mancing dari lokal juga dari Bangka dan Bekasi pun akan mengikuti acara tersebut.

Selanjutnya sesuai kategori perlombaan, tim-tim mancing maksimal membawa lima ekor ikan dari lima spesies yang dipertandingkan. Seperti spesies ikan GT atau kuwe, tenggiri, kakap, kerapu, dan catfish.

“Meskipun ini kompetisi lokal, tapi menghadirkan rasa nasional. Karena dari sistem penjurian dan teknis pelaksanaan dilakukan sesuai standar nasional. Juga sekaligus edukasi kepada peserta, misalnya kalau ada ikan dilindungi itu harus di-release atau dilepas,” ujarnya.

Pemenang akan dinobatkan berdasarkan tiga kategori yaitu kategori jackpot, juara umum, dan juara spesies. Pemenang kategori jackpot harus mendapatkan ikan dalam batasan passing grade, yakni gt atau kuwe jenis mamong harus harus 12 kilogram dan tenggiri minimal 8 kilogram. Masing-masing pemenang akan mendapatkan Rp 30 juta.

Kemudian juara umum I, II, dan III merupakan pemenang yang memiliki kumulatif terberat dari empat spesies ikan yang dijumlahkan dengan 30 persen berat catfish. Penghitungan catfish memang dikurangi dari ukuran berat ikan karena nilai ekonomisnya yang kurang dibandingkan spesies ikan lainnya.

Dari hasil turnamen setidaknya didapatkan 18 tim yang juara serta tidak boleh ada duplikasi pemenang. “Kalau tanding di juara jackpot bisa ikut memperebutkan juara umum, tapi tidak boleh ikut juara spesies. Kalau ikut juara umum tidak boleh tanding juara spesies, jadi kalau sudah juara umum tidak boleh juara spesies,” tuturnya. (advertorial/q2)

Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved