Breaking News:

Berita Belitung Timur

Pesan Bupati Belitung untuk Kades, Jangan Mudah Memberhentikan Perangkat Desa

Usai pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Bupati Belitung Timur, Yuslih Ihza ingatkan 19 Kades memiliki Pekerjaan Rumah (PR)

Posbelitung.co/Suharli
Prosesi penyematan lencana Kades oleh Bupati Belitung Timur, Yuslih Ihza. Rabu (19/8/2020) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG-- Usai pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Bupati Belitung Timur, Yuslih Ihza ingatkan 19 Kades memiliki Pekerjaan Rumah (PR) wajib menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes).

19 Kepala Desa (Kades) terpilih ikuti pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan di Auditorium Zahari MZ.

"Para kades sampai tiga bulan kedepan harus sudah rampung menyusun RPJMDes, yang melibatkan seluruh elemen masyarakat desa melalui musyawarah perencanaan pembangunan desa yang selaras dengan pembangunan daerah," kata Yuslih dalam sambutannya, Rabu (19/8/2020).

Selain itu dia juga menyampaikan peningkatan kualitas aparatur/perangkat desa juga menjadi tanggung kepala desa, karena perangkat desa merupakan pendukung dan penunjang keberhasilan saudara dalam menjalankan pemerintahan dan fungsi pelayanan kepada masyarakat.

"Pesan saya agar dalam pelaksanaan pemerintahan ke depan tidak mudah terjadi tindakan kepala desa yang memberhentikan perangkat desa yang tidak sesuai dengan persyaratan dan prosedur yang berlaku," ungkap Yuslih.

Hal itu menurutnya, karena dikhawatirkan akan terjadi penyimpangan prosedur atau penyalahgunaan wewenang oleh kepala desa atas pemberhentian perangkat desa.

Karena pedoman mengenai pemberhentian perangkat desa diatur dalam Pasal 53 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Permendagri Nomor 83 Tahun 2015 sebagaimana telah diubah dengan Permendagri Nomor 67 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 83 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa. (Posbelitung.co/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved