Breaking News:

Advertorial

Dinas Kesehatan Gencar Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru

DINAS Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) Kabupaten Belitung Timur gencar menggelar sosialisasi kepada masyarakat

Pos Belitung/Bryan Bimantoro
SOSIALISASI ADAPTASI KEBIASAAN BARU- Kabid P2P Dinas Kesehartan Kabupaten Beltim Supeni, Kabid Kesmas Dianita Fitriani, dan Danramil Manggar Mayor Inf Djoko Lelono, mengisi materi pada sosialisasi adaptasi kebiasaan baru (AKB) di kantor Camat Manggar, Rabu (19/8). 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG-- Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) Kabupaten Belitung Timur gencar menggelar sosialisasi kepada masyarakat terkait Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Sosialisasi bertujuan agar masyarakat makin memahami dan bisa beraktivitas seperti sehari-hari dengan tambahan beberapa protokol kesehatan.

Kepala Dinkes-PPKB Kabupaten Belitung Timur Muhamad Yulhaidir mengemukakan, sosialisasi ini merupakan program Bidang Kesehatan Masyarakat sebagai upaya preventif dalam mencegah penyebaran virus corona di Belitung Timur.

“Belitung Timur sekarang sudah zona hijau kembali setelah menemukan total 12 kasus positif corona sejak Maret 2020. Karena itu, butuh upaya-upaya supaya tidak ada penambahan kasus. Satu di antaranya yaitu sosialisasi ini,” kata Yulhaidir, Kamis (20/8/2020).

Selain itu, sosialisasi juga berguna untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat karena sudah bisa menjalankan aktivitas ekonomi secara normal, namun tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.
Setiap warga harus menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjauhi kerumunan, dan mencuci tangan sesering mungkin. Tiga hal ini, lanjut Yulhaidir, menjadi kunci pencegahan diri atas virus mematikan tersebut.

“Pemda Belitung Timur juga tengah menyiapkan peraturan bupati yang mengatur soal penerapan protokol kesehatan di tengah masyarakat. Termasuk menyiapkan sanksi kepada setiap orang yang tidak mematuhinya,” jelas Yulhaidir.

Sosialisasi AKB dilaksanakan di tujuh kecamatan Se-Kabupaten Belitung Timur. Dimulai di Simpang Pesak dan Dendang pada Rabu (12/8), lalu di Gantung dan Simpang Renggiang pada Kamis (13/8/2020). Dilanjutkan ke Damar dan Kelapa Kampit pada Selasa (18/7) dan terakhir di Manggar pada Rabu (19/8/2020).

Pelaksanaan sosialisasi mengandeng bhabinkamtibmas, babinsa, desa, dan relawan yang ada di kecamatan masing-masing. Dengan dilibatkannya mereka, diharapkan bisa lebih menyebarkan AKB lagi ke seluruh masyarakat di wilayah binaannya.

“Jadi setelah peraturan bupati mengenai penerapan protokol kesehatan dan sanksinya diterapkan, masyarakat tidak bisa beralasan belum mengetahui karena sudah gencar dilaksanakan sosialisasi AKB ini,” kata Yulhaidir.
Yulhaidir masih berharap kesadaran dari masyarakat sendiri tanpa harus dilaksanakan sanksi. Karena dengan kesadaran sendiri, maka perilaku AKB akan terus dijalankan tanpa adanya paksaan.

“Semoga aktivitas kita bisa berjalan seiringan dengan penerapan protokol kesehatan, supaya kita dijauhkan dari virus corona. Disiplinkan diri kita agar wilayah kita tetap aman,” ucap Yulhaidir. (advertorial/s1)

Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved