Breaking News:

Berita Belitung

Dinas Pariwisata Belitung Fasilitasi Pemetaan Potensi Wisata Pedesaan

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Jasagung Hariyadi mengatakan pihaknya terus berupaya mengembangkan pedesaan

Dokumentasi Pos Belitung
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Jasagung Hariyadi, Senin (15/6/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Jasagung Hariyadi mengatakan pihaknya terus berupaya mengembangkan pedesaan.

Maka dari itu, pihaknya terus memfasilitasi dalam hal pengembangan sumber daya manusia (SDM), juga membantu pemetaan potensi pedesaan yang sempat dilakukan beberapa waktu lalu di Pantai Teluk Gembira, Kecamatan Membalong.

Saat ini bantuan pengembangan bagi desa wisata dilakukan Dispar berbeda bagi tiap desanya, seperti pelatihan homestay di Desa Keciput, persiapan SDM di beberapa desa, dan pemetaan potensi di Membalong yang baru merintis pariwisata.

"Sambil pemetaan, saat ini ada 16 desa wisata dan pembinaan bagi Pokdarwis agar ke depan melangkah ke desa mana yang diunggulkan sesuai karakteristik wilayah," katanya, Senin (24/8/2020).

Dalam kondisi pandemi Covid-19 ini memang akan sulit mendatangkan wisatawan secara massal, makanya kini menyasar wisatawan dengan minat khusus.

Meski kini banyak desa yang mengembangkan wisata bahari, namun Jasagung berharap ke depan potensi-potensi lainnya bisa diangkat. Bahkan tiap kecamatan bisa mengangkat potensi yang berbeda sesuai daya tarik masing-masing wilayah.

"Makanya harus dibuat paket-paket wisata," ujarnya.

Pelatihan pemandu wisata pedesaan yang digelar Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung di Hotel Grand Hatika, Tanjungpandan, Senin (24/8/2020).
Pelatihan pemandu wisata pedesaan yang digelar Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung di Hotel Grand Hatika, Tanjungpandan, Senin (24/8/2020). (posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Saat ini ada empat tren wisata yang berkembang, di antaranya self tourism atau adventuring, wellness tour atau berwisata ke daerah baru, visual tour dan pengembangan pariwisata staycation.

Keempat pola wisata tersebut memunculkan pola wisata berdasarkan minat khusus agar menikmati alam yang masih alami dan banyak berinteraksi dengan masyarakat.

"Sehingga lebih dicari orang desa wisata yang sudah menyediakan home stay," kata Kabid Kelembagaan dan Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Adi Pebriatna, Senin (24/8/2020).

Halaman
12
Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved