Breaking News:

Warna Paspor Tiap Negara Berbeda dan Dapat Tunjukkan Asal Negara Seseorang, Ini Alasannya

Jika diperhatikan, paspor memiliki warna yang berbeda-beda tiap negara. Bahkan, warna tersebut dapat menunjukkan dari negara mana seseorang berasal.

KOMPAS.COM/Alek Kurniawan
Ilustrasi paspor 

POSBELITUNG.CO - Paspor tentu tak asing bagi anda yang sering bepergian ke luar negeri.

Jika diperhatikan, paspor memiliki warna yang berbeda-beda tiap negara.

Bahkan, warna tersebut dapat menunjukkan dari negara mana seseorang berasal.

Ternyata ada alasan khusus mengapa ada empat warna standar pada paspor.

Dilansir TribunTravel dari laman Reader's Digest, Minggu (23/8/2020), meski tidak ada pedoman internasional yang ketat untuk mengatur warna paspor, namun pemilihan warna bukanlah tanpa alasan.

Claiore Burrows dari De La Rue, sebuah perusahaan pembuat paspor Inggris, mengatakan bahwa negara-negara biasanya memilih warna yang menghormati kebudayaan, politik, atau kepercayaan.

Misalnya, negara-negara islam sering menggunakan cover paspor dengan warna hijau karena merupakan warna penting dalam agama mereka.

Negara-negara anggota ECOWAS (Komunitas ekonomi negara-negara di Afrika Barat) juga memiliki cover paspor  berwarna hijau.

Di sisi lain, para anggota uni Eropa mengunakan pasporberwarna kekuningan, seperti halnya dengan negara-negara yang ingin bergabung dengan Uni Eropa, misalnya Turki.

Amerika Serikat sempat menggunakan beberapa warna, mulai dari abu-abu, hijau, dan warna merah hingga paruh kedua abad ke-20.

Halaman
12
Editor: Novita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved