Breaking News:

Berita Belitung

Wisata Belitung Diarahkan Minat Khusus, Dispar Kembangkan Destinasi Wisata Pedesaan

Menyambut tren baru kepariwisataan tersebut, Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung pelatihan pemandu wisata pedesaan

posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Pelatihan pemandu wisata pedesaan yang digelar Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung di Hotel Grand Hatika, Tanjungpandan, Senin (24/8/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Saat ini ada empat tren wisata yang berkembang, di antaranya self tourism atau adventuring, wellness tour atau berwisata ke daerah baru, visual tour dan pengembangan pariwisata staycation.

Keempat pola wisata tersebut memunculkan pola wisata berdasarkan minat khusus agar menikmati alam yang masih alami dan banyak berinteraksi dengan masyarakat.

"Sehingga lebih dicari orang desa wisata yang sudah menyediakan home stay," kata Kabid Kelembagaan dan Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Adi Pebriatna, Senin (24/8/2020).

Menyambut tren baru kepariwisataan tersebut, Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung pelatihan pemandu wisata pedesaan. Pelatihan itu digelar 24-26 Agustus, serta diikuti para peserta dari pengelola desa wisata, komunitas pengelola destinasi, pemandu wisata, dan Pokdarwis dengan total 40 peserta.

Pelatihan dari dana alokasi khusus (DAK) non fisik bidang pelayanan kepariwisataan itu tak hanya penyampaian materi saja, namun peserta juga akan mengikuti pelatihan lapangan pada hari ketiga di Desa Wisata Kreatif Terong.

Dalam pengembangan potensi wisata pedesaan, Adi menyebut dari segi aksesibilitas hingga pelosok Belitung sudah siap. Bahkan jalan hingga ke pulau seperti di Pulau Mendanai mudah ditempuh. Selanjutnya perlu mengoptimalkan akomodasi seperti homestay.

"Dari pelatihan ini dilatih pengelola desa wisata agar juga menyiapkan SDM sebagai pemandu dan lainnya. Karena akomodasi sudah jelas meningkatkan pendapatan masyarakat dan pengembangan potensi lain," jelasnya.

Di samping itu, para pemandu wisata nantinya harus mengerti potensi yang akan ditonjolkan dalam mengenalkan desa-desa di Belitung. Apalagi memang setiap desa memiliki karakteristik dan daya tarik yang berbeda.

Ia berharap ke depan one village one destination atau satu desa satu destinasi bisa terwujud. Selanjutnya diperlukan upaya mengoptimalkan destinasi, sehingga kembali pada peran masyarakat desa.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved