Breaking News:

DPRD Belitung Curiga Alat PCR Swab di RSUD H Marsidi Judono Bermasalah, Diusulkan untuk Pansus

Pemerintah Kabupaten Belitung dan DPRD Kabupaten Belitung melakukan rapat paripurna di ruang paripurna DPRD Belitung, Selasa (25/8/2020).

Bangkapos.com/Riki Pratama.
Gubernur Babel, Erzaldi Rosman menunjukkan alat Polymerase Chain Reaction (PCR) pada, Sabtu (18/4/2020) di Klinik Kesehatan Pemprov Babel. -- 

POSBELITUNG.CO - Pemerintah Kabupaten Belitung dan DPRD Kabupaten Belitung melakukan rapat paripurna di ruang paripurna DPRD Belitung, Selasa (25/8/2020).

Di akhir rapat paripurna tersebut, sejumlah anggota DPRD Belitung, lantas mengusulkan untuk mengusut tuntas, tentang alat Swab PCR yang ada di RSUD H Marsidi Judono Kabupaten Belitung. Diduga alat tersebut tidak terdaftar di Kementerian Kesehatan (Kemenkes)

Salah satu anggota DPRD Kabupaten Belitung Suherman mengutarakan tentang persoalan alat swab di RSUD H Marsidi Judono tersebut di forum rapat paripurna.

"Ini harus kita telusuri, karena ini yang harus diketahui publik, bahwa SK Kemenkes nomor HK 01.07. Menkes/413/2020 tentang pedoman pencegahan dan pengendalian covid-19, alat swab RSUD H Marsidi Judono Belitung tidak terdaftar," ungkap Suherman, selasa (25/8/2020).

Alat Swab tersebut tidak terdaftar dalam lampiran SK Menkes. Menurut dia, di provinsi Bangka Belitung yang di akui oleh Menkes hanya tiga rumah sakit, yaitu UPTD BLK Provinsi Bangka Belitung, RS Bhakti Timah, RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang.

"Sedangkan untuk RSUD H Marsidi Judono Kabupaten Belitung tidak terdaftar, dan tidak terlampir di SK Kemenkes tersebut. Jadi apa dasar nya RSUD H Marsidi Judono mengambil swab, dan ini sudah berangsur lama dan sudah banyak korban," ujarnya.

Maka dari itu, kata Suherman, DPRD harus dan akan mengambil langka untuk memfungsikan panitia khusus (pansus) dalam pengusutan permasalahan alat Swab.

"Kami harus memfungsikan fungsi pansus dengan dikaitan kan dengan temuan - temuan yang terjadi, ini fakta karena berkaitan dengan spesimen - spesimen yang sudah di ambil," bebernya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved