Breaking News:

Wabup Burhanudin Apresiasi Inovasi Pemadam Kebakaran Modifikasi Motor Patroli Polres Belitung Timur

Wakil Bupati Belitung Timur Burhanudin mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh Polres Belitung Timur dalam upaya menangani kebakaran hutan dan lahan

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)
Wabup Burhanudin dan Kapolres Beltim AKBP Jojo Sutarjo saat memantau simulasi modifikasi motor patroli siaga karhutla di Polres Beltim, Selasa (25/8/2020). 

POSBELITUNG.CO - Wakil Bupati Belitung Timur Burhanudin mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh Polres Belitung Timur dalam upaya menangani kebakaran hutan dan lahan.

"Pak Kapolres mentransfer ilmu dan teknologi yang ia dapatkan saat bertugas di Kalimantan ke Belitung Timur. Hal ini sangat berguna untuk memadamkan kebakaran yang berada di luar jangkauan teman-teman damkar," kata Burhanudin kepada posbelitung.co saat melihat simulasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Halaman Polres Beltim, Selasa (25/8/2020).

Ia menekankan inovasi ini harus diadopsi juga oleh desa-desa supaya selalu siaga dalam memadamkan kebakaran di tempat yang tidak bisa dimasuki oleh mobil pemadam kebakaran. Dengan motor patroli yang dimodifikasi bisa dimanfaatkan dan yang perlu diperhatikan yakni cadangan air terdekat di tempat kebakaran lahan.

"Dengan modifikasi teknologi sederhana bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat dalam mencegah kebakaran hutan," kata Burhanudin.

Di tempat yang sama, Kapolres Beltim AKBP Jojo Sutarjo mengaku siap jika pemerintah daerah ingin berkolaborasi mengembangkan inovasi ini ke setiap desa di Belitung Timur.

"Kalaupun pemda ingin menindaklanjuti ini ke desa-desa kami siap memberikan edukasi dan pelatihan. Karena pihak desalah yang paling mengerti dengan kondisi wilayahnya. Di mana cadangan air terdekat, titik kebakaran yang harus diantisipasi, dan lainnya," kata Jojo.

Ia menambahkan tidak bisa bergantung kepada pemadam kebakaran dari BPBD karena terbatas dengan cakupannya.

"Kami pikir ini bisa jadi satu solusi untuk menjangkau titik kebakaran yang berada di pelosok dan membantu BPBD juga tentunya. Untuk sementara kami menyiapkan belasan motor modifikasi yang siaga dan terbagi di setiap polsek untuk memadamkan api," kata Jojo. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved