Breaking News:

Direksi BUMN Tak Terapkan ISO Anti Penyuapan Terancam Dicopot

Semua perusahaan plat merah wajib menerapkan Standar Manajemen Mutu ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP).

kompas.com
Ilustrasi uang rupiah. 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) Erick Thohir mengancam akan mencopot direksi perusahaan plat merah yang tak mau menerapkan Standar Manajemen Mutu ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP).

"Ini yang memang saya juga sudah minta Sesmen untuk melakukan pemantauan yang intensif dengan adanya target. Kalau sampai akhir tahun tidak dilakukan juga ya kita copot aja direksinya," ujar Erick dalam acara Aksi Nasional Pencegahan Korupsi, Rabu (26/8/2020).

Erick menambahkan, semua perusahaan plat merah wajib menerapkan Standar Manajemen Mutu ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP). Kendati begitu, hingga saat ini belum semua BUMN menerapkannya.

"Alhamdulillah kita mengeluarkan pada bulan Februari bahwa semua BUMN wajib melakukan ISO 37001 itu. Alhamdulillah saya belum puas, hari ini saya mendapat laporan itu baru 53 persen. Tapi saya akan push terus kalau bisa 100 persen," kata mantan bos Inter Milan itu.

Erick menjelaskan, sistem ini diterapkan dalam rangka transformasi BUMN. Atas dasar itu, dia berharap semua perusahaan plat merah mau menerapkannya.

"Kalau tidak dilakukan akhirnya transformasi, GCG, transparansi tidak bisa berjalan," ucap dia. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Erick Thohir Ancam Copot Direksi yang Tak Terapkan ISO Anti Penyuapan"

Editor: Tedja Pramana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved