Breaking News:

Jokowi Ingin Mahasiswa Bisa Magang 1 Semester Demi Wujudkan Program Kampus Merdeka

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan kampus memberikan akses bagi mahasiswa untuk magang setidaknya selama satu semester.

Penulis: tidakada008
Editor: M Ismunadi
Capture video
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Gedung Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (Undip) di Semarang, Jawa Tengah 

POSBELITUNG.CO - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan kampus memberikan akses bagi mahasiswa untuk magang setidaknya selama satu semester.

Menurut Presiden, kebijakan itu merupakan inti dari konsep 'Merdeka Belajar' atau 'Kampus Merdeka.'

 Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat 'Peresmian Gedung Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro' secara virtual melalui siaran YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (26/8/2020).

"Selain penyediaan infrastruktur dalam kampus, yang juga sangat penting adalah akses mahasiswa untuk magang. Akses mahasiswa untuk belajar sambil bekerja dalam industri. Tapi bukan hanya 1-2 Minggu. Minimal setidaknya 1 semester. Itulah inti kebijakan merdeka belajar, kampus merdeka," kata Jokowi.

Jokowi juga menilai, dengan terbukanya akses magang, mahasiswa dapat menimba ilmu dan mengaplikasikannya langsung sesuai kebutuhan yang diperlukan masyarakat atau industri.

Sehingga, ketika melanjutkan ketahap berikutnya, para mahasiswa sudah memiliki keterampilan yang matang.

"Bahwa mahasiswa diberi akses dan didukung untuk belajar kepada siapa saja dan di mana saja yang bisa berikan pengetahuan dan ketrampilan yang relevan, yang dibutuhkan masyarakat dan industri," ucap Jokowi.

Kepala Negara menambahkan, bahwa bonus demografi yang terjadi di Indonesia harus diikuti dengan penyediaan peluang kerja sebanyak-banyaknya.

"Di saat puncak bonus demografi sekarang di mana usia kerja mendominasi proporsi penduduk Indonesia, artinya kita harus sediakan peluang kerja sebanyak-banyaknya. Kita harus meningkatkan kapasitas SDM kita agar lebih produktif dan kompetitif, dan pendidikan vokasi tempati posisi penting dalam strategi pengembangan SDM kita," jelas Jokowi.

(Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia)

Berita ini telah terbit di TRIBUNNEWS.COM berjudul Jokowi Ingin Mahasiswa Bisa Magang 1 Semester Demi Wujudkan Program Kampus Merdeka

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved