Breaking News:

Berita Belitung

Bupati Belitung Harap Produk Kopi Lokal Bisa Tembus Pasar Mancanegara

Sahani Saleh mengharapkan kehadiran satu lagi merek kopi lokal mampu membuat produk Belitung bisa menembus pasar mancanegara

posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Bupati Belitung H Sahani Saleh saat berada di Swiss-Belresort Tanjung Binga, Kamis (27/8/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Bupati Belitung H Sahani Saleh mengharapkan kehadiran satu lagi merek kopi lokal mampu membuat produk Belitung bisa menembus pasar mancanegara. Bila perlu dikembangkan menjadi franchise atau ritel besar ketika telah mengantongi hak paten, menyaingi salah satu brand kopi ternama.

"Kenapa tidak, ini produk sendiri, produk bangsa," ujarnya selepas peluncuran Sik-ok Name Coffee di Swiss-Belresort Tanjung Binga, Kamis (27/8/2020).

Peluncuran produk karya pemuda Belitung yang menjadi binaan Balai Latihan Kerja (BLK) ini juga sebagai bukti apa yang dilakukan BLK telah menghasilkan sesuatu yang produktif.

Jadi sebagai suatu pilot project ke depan apa yang dihasilkan dari satu produk sudah mempunyai kekhasan tersendiri.

Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan Bambang Satrio Lelono, Bupati Belitung Sahani Saleh dan Sekda Belitung MZ Hendra Caya saat mencicipi Sik-ok Coffee di Swiss-Belresort Tanjung Binga, Kamis (27/8/2020).
Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan Bambang Satrio Lelono, Bupati Belitung Sahani Saleh dan Sekda Belitung MZ Hendra Caya saat mencicipi Sik-ok Coffee di Swiss-Belresort Tanjung Binga, Kamis (27/8/2020). (posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Meskipun diolah dari bahan yang sama namun dengan keterampilan yang diperoleh mampu menghasilkan produk dengan rasa yang berbeda.

"Dengan ada BLK Belitung maka ada inovasi kreativitas produk yang membuat nilai tambah," jelasnya.

Kemudian dalam pengembangan produk, perlu dilakukan peningkatan mutu, pengemasan dan pemasaran yang memanfaatkan teknologi. Serta pembuatan barcode pada kemasan sehingga nilai tambah produk semakin baik.

Menurutnya banyak program yang disiapkan pemerintah daerah dalam mendukung UMKM. Apalagi memang lokomotif perekonomian diarahkan pada pariwisata serta multiplayer effect.

Dipuji Dirjen Binalattas Kemenaker

"Mantap, mantap," puji Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan Bambang Satrio Lelono setelah menyesap es kopi susu ala Sik-ok Name Coffee di Swiss-Belresort Tanjung Binga.

Halaman
12
Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved