Breaking News:

Kebijakan Transfer hingga La Masia, Kabar Hengkang Lionel Messi dan Masalah di Tubuh Barcelona

Isu hengkangnya megabintang Barcelona, Lionel Messi, memang sedang hangat diperbincangkan dalam satu pekan terakhir.

(AFP/LUIS GENE)
Lionel Messi (kanan) selebrasi usai mencetak gol dalam laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions antara Barcelona dan Napoli di Stadion Camp Nou, Sabtu (8/8/2020) atau Minggu (9/8/2020) dini hari WIB. (AFP/LUIS GENE) 

POSBELITUNG.CO - Isu hengkangnya megabintang Barcelona, Lionel Messi, memang sedang hangat diperbincangkan dalam satu pekan terakhir.

Ini tidak lepas dari kekecewaan usai kekalahan menyakitkan atas Bayern Munchen di Liga Champions, saat itu Blaugrana tumbang 8-2 dari wakil Jerman.

Pun hubungannya dengan mantan pelatih Quique Setien dan Presiden Klub, Josep Bartomeu, tidak harmonis, ditambah lagi kedatangan Ronald Koeman tidak memperbaiki hubungan antara Lionel Messi dan Barcelona.

 Apa yang sebenarnya terjadi di Barcelona? adalah pertanyaan banyak orang saat ini.

Jurnalis Spanyol asal Inggris, Sid Lowe, sudah memperkirakan apa yang akan terjadi, mulai dari hengkangnya Lionel Messi, hingga keputusan Barcelona menjual pemain.

Sejatinya, kekalahan memalukan 8-2 dari Bayern Munchen hanya secuil dari sejumlah masalah Barcelona, banyak permasalahan yang terjadi sejak era Ernesto Valverde, dasarnya : regenerasi pemain.

La Masia dulu sangat subur menciptakan banyak pemain baru kualitas wahid, dengan transisi ke tim senior yang mulus, sehingga menciptakan keberlanjutan bagi Barcelona tanpa ketergantungan terhadap sosok individu ataupun belanja dengan dana besar.

Di era Josep Bartomeu, budaya itu sedikit berubah, La Masia tidak sebertaji dulu, tim junior Barcelona, Barcelona B, bahkan terdegradasi dari Segunda Division.

Kebijakan klub tidak mengacuhkan La Masia, mereka sibuk memboyong nama-nama besar dan mahal, untuk meningkatkan kualitas tim, alih-alih menciptakan pemain muda yang siap bersaing dan meregenerasi tim utama.

Belanja besar-berasaran seperti mendatangkan Ousmane Dembele, Antoinne Griezmann hingga Coutinho, hanya segelintir dari perubahan pola tim utama Barcelona, talenta La Masia seperti Xavi Simmons, justru dengan mudahnya hengkang ke PSG, hal yang mustahil terjadi 10 tahun lalu.

Halaman
123
Editor: didit
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved