Breaking News:

Kemenhub Sedang Merencanakan Mengoperasikan Bus Listrik Canggih di Bali

Bukan hanya bus biasa yang digunakan, namun bus listrik atau trolleybus bahkan sampai yang berteknologi autonomous alias bergerak tanpa sopir.

Editor: Tedja Pramana
TRIBUNNEWS.COM/REYNAS
Bus listrik buatan dalam negeri 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sedang merencanakan pembangunan sistem sarana transportasi modern di Bali. Bahkan digadang-gadang bakal menjadi pilot project untuk percontohan untuk Ibu Kota baru.

Proyek saranan transportasi tersebut meliputi kelengkapan armada bus, khususnya di bandara sampai lokasi wisata yang rawan kemecetan akibat maraknya penggunaan kendaraan pribadi di Pulau Dewata.

Menariknya, bukan hanya bus biasa yang digunakan, namun bus listrik atau trolleybus bahkan sampai yang berteknologi autonomous alias bergerak tanpa sopir.

Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Ahmad Yani mengatakan, saat ini semuanya masih dalam tahap pembahasan dan evaluasi, terutama untuk penerapan bus swakemudi tersebut.

"Statusnya baru rencana, karena masih harus evaluasi menyeluruh dulu apakah bisa diterapkan atau tidak. Kita sudah melakukan survei awal untuk arah Utara ke Selatan, tapi koridornya belum fix karena tidak bisa pakai jalan yang lama," ucap Yani kepada Kompas.com, Rabu (26/8/2020).

Menurut Yani, jalur lama antara Bali Utara dan Selatan tidak memungkinkan dari garis arah atau alignment-nya, baik itu vertikal atau horizontal.

Namun untuk lokasi di dalam kota, seperti dari Bandara menuju Central Park atau kawasan Kuta masih memungkinkan.

Namun Yani menegaskan untuk otonom bus sendiri memang belum mendapat kepastian lantaran masih dalam tahapan perencanaan. Untuk yang waktu dekat sendiri paling tidak ada pengembangan sistem buy the service untuk bus-bus di bali yang nantinya bakal dikembakan menjadi trolleybus.

"Trolleybus memang sudah masuk perencanaan, namun nantinya hanya akan diterapkan pada koridor-koridor tertentu saja. Sistem ini dalam perencanaan juga tidak hanya di Bali saja, tapi ada empat kota lain seperti Yogyakarta, Palembang, Medan, dan Surakarta," kata Yani.

"Namun yang pasti tidak langsung, karena masih harus ada evaluasi menyeluruh, pengoperasiannya atau penyedia busnya juga sampai saat ini belum, belum lagi hari melewati uji jalan, uji laik, dan lainnya," kata dia.

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi. Menurut dia, paling dekat yang memungkinkan untuk transportasi di Bali adalah trolleybus, untuk bus otonom sendiri mungkin baru akan di Ibu Kota baru.

"Otonom itu nanti di Ibu Kota baru mungkin baru bisa, kalau di Bali dari bus biasa nanti akan ke trolleybus. Pengembanganya bertahap dan fokusnya utama itu nanti untuk layanan di bandara," kata Budi. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemenhub Mau Operasikan Bus Listrik Canggih di Bali"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved