Breaking News:

Berita Belitung

Pelaksanaan Pilkades Belitung Mundur Hingga Desember, Pasca Penundaan dari Mendagri

Menteri Dalam Negeri menerbitkan surat nomor 141/2577/SJ perihal penundaan pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak

Posbelitung.co/Dede Suhendar
Rapat pelaksanaan Pilkades serentak Kabupaten Belitung, Kamis (27/8/2020) di Kantor Bupati Belitung 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG-- Menteri Dalam Negeri menerbitkan surat nomor 141/2577/SJ perihal penundaan pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak dan pilkades antar waktu sampai pelaksanaan pilkada pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang..

Menyikapi kebijakan tersebut, Bupati Belitung Sahani Saleh menggelar rapat bersama calon kades untuk menetapkan kembali tanggal pelaksanaan pilkades.

Berdasarkan kesepatan rapat, pelaksanaan pilkades serentak Kabupaten Belitung disepakati pada tanggal 20 Desember 2020 mendatang.

"Jadi tadi disepakati pelaksanaan Pilkades serentak tanggal 20 Desember, sedangkan tahapan lainnya itu mengikuti," jelas Sanem kepada Posbelitung.co, Kamis (27/8/2020).

Ia mengimbau kepada seluruh calon kades yang sudah ditetapkan untuk bersabar menunggu pelaksaan.

Selain itu, dirinya juga tidak menyarankan pelaksanaan kampanye terbuka mengingat pandemi Covid-19.

Sanem mengungkapkan dirinya bersama Ketua DPRD beserta instansi terkait pernah menyambangi Kemendagri berupaya agar pelaksanaan Pilkades tetap sesuai tahapan dan jadwal.

Mengingat Kabupaten Belitung tidak melaksanakan pilkada dan angka pasien positif Covid-19 sudah berangsur berkurang.

Namun, pihak Kemendagri tetap berpegang teguh pada surat tersebut yang berlaku di seluruh daerah.

"Tanggal 19 Agustus kemarin kami menghadap dirjen, ternyata sudah banyak bupati yang menghadap dan intinya walaupun kita tidak melaksanakan pilkada tetap harus mengikuti surat itu. Alasan yang mendasar dikhawatirkan Pilkades ini bisa berefek pada pilkada," ungkapnya.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKBPMD) Sukseyadi mengakui bahwa persiapan tahapan dan jadwal sudah mencapai 90 persen.

Menurutnya logistik memang sudah dicetak namun karena sifatnya tidak mudah rusak maka tidak akan terpengaruh terhadap penundaan pelaksanaan.

Dirinya berharap pelaksanaan Pilkades tetap berjalan lancar dan tidak terjadi penundaan lagi.

"Tidak pengaruh karena memang belum didistribusikan. Kalau tahapan nanti akan disusun ulang," katanya. (Posbelitung.co/Dede Suhendar)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved