Breaking News:

Berita Belitung

PT Rebinmas Jaya Laporkan Dugaan Pengrusakan Lahan Kebun akibat Aktivitas Tambang

Polemik tambang kembali terjadi di lahan perkebunan sawit milik PT Rebinmas Jaya di Desa Air Batu Buding, Kecamatan Badau

Istimewa
Kondisi lahan kebun sawit PT Rebinmas Jaya yang rusak akibat aktifitas tambang 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Polemik tambang kembali terjadi di lahan perkebunan sawit milik PT Rebinmas Jaya di Desa Air Batu Buding, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung beberapa waktu lalu.

Bahkan pihak perusahaan sudah melaporkan kejadian dugaan pengrusakan lahan perkebunan kepada Polres Belitung.

Berdasarkan informasi yang diterima posbelitung.co, sekitar satu hektar lahan perkebunan yang ditumbuhi sawit rusak akibat aktifitas tambang diduga tanpa ijin itu.

"PT Rebinmas Jaya melalui Pak Santo selaku senior manajer telah melaporkan itu ke polisi untuk minta diproses. PT Rebinmas khawatir persoalan itu tidak berlanjut, karena itu kami sudah mengirimkan surat kepada Kapolda," ujar Direktur PT Rebinmas Jaya Datuk Ramli Sutanegara, Kamis (27/8/2020).

Berdasarkan konfirmasi jajarannya di lapangan, muncul tiga nama berinisial M, Y dan A yang terlibat pada aktifitas tambang timah itu.

Selain itu, pihak perusahaan akan menggugat tiga orang terduga secara perdata ke Pengadilan Negeri Tanjungpandan melalui kuasa hukum Bambang Rudi untuk menuntut kerugian materiil dampak kerusakan.

"Karena kami dirugikan akibat itu, lahan rusak, tidak bisa dimanfaatkan, harus keluar biaya perbaikan dan lainnya. Apalagi butuh waktu penanaman sampai siap panen," ungkapnya.

Kasat Reskrim Polres Belitung AKP Chandra Satria Perdana mengatakan laporan dari PT Rebinsmas Jaya tetap berlanjut dan masih dalam proses lidik pemeriksaan saksi.

Ia mengatakan PT Rebinmas Jaya sempat melaporkan dugaan pengrusakan kebun sawit karena aktifitas tambang di Desa Air Batu Buding, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung.

"Sedang berjalan pemeriksaannya, masih dalam tahap lidik pemeriksaan saksi. Laporanya terkait dugaan pengrusakan kebun sawit," ujar Chandra.

(posbelitung.co/Dede Suhendar)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved