Berita Belitung

Besok Pemdes Air Merbau Buka Pasar Tani, Dorong Ekonomi Baru di Tengah Pandemi Covid-19

Demi mewujudkan ekonomi baru di kalangan masyarakat khususnya parapetani dan peternak, Desa Air Merbau akan membuka pasar tani

Penulis: Dede Suhendar | Editor: nurhayati
Posbelitung.co/Dede Suhendar
Panitia Desa Air Merbau meninjau persiapan kegiatan pasar tani di Gang Jagung, Jumat (28/8/2020) 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG-- Demi mewujudkan ekonomi baru di kalangan masyarakat khususnya parapetani dan peternak, Desa Air Merbau akan membuka pasar tani di Jalan Gang Jagung, Dusun Asam Lubang, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

Kegiatan yang akan dibuka pada Sabtu dan Minggu (29-30/8/2020) itu memasarkan hasil hasil panen para kelompok tani di setempat.

Bupati Belitung Sahani Saleh dijadwalkan hadir membuka kegiatan bertajuk festival pasar tani sekaligus deklarasi desa layak anak.

"Pasar tani ini termasuk dari tiga program strategis dari Pemdes Air Merbau yaitu pertanian, peternakan dan destinasi wisata. Tujuannya untuk menciptakan ekonomi baru bagi masyarakat demi mencapai desa yang mandiri," ujar Kepala Desa Air Merbau Katto kepada Posbelitung.co, Jumat (28/8/2020).

Ia mengatakan selama ini wilayah Gang Jagung telah menjadi sentra penghasil pertanian di Desa Air Merbau semenjak 1998 silam.

Bahkan sampai saat ini tercatat 13 kelompok tani telah terbentuk dan aktif bercocok tanam di area tersebut.

Oleh sebab itu, Gang Jagung akan ditunjuk menjadi area penghubung dari program strategis desa mulai dari pertanian, peternakan dan destinasi wisata.

"Nanti akan kami siapkan kendaraan odong-odong. Jadi pengunjung akan kami arahkan ke area parkir sekitar perkuburan lalu dijemput dengan kendaraan untuk berkeliling di area pertanian, peternakan dan berhenti di destinasi wisata Kulong Purun," ungkap Katto.

Pemdes Air Merbau tidak hanya fokus pada ekonomi baru tetapi juga diselingi edukasi bagi kalangan anak-anak.

Dalam artian, pengunjung akan diajak belajar cara bercocok tanam berbagai jenis sayuran mulai dari penanaman, perawatan hingga panen.

Sehingga pengunjung juga bisa belajar sekaligus rekreasi bersama keluarga.

"Arah kami juga sebagai sarana edukasi oleh sebab itu digabungkan dengan deklarasi desa layak anak. Nanti anak-anak akan diajarkan langsung cara bercocok tanam itu," jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPD Air Merbau Yudi Chandra menambahkan kegiatan pasar tani sebenarnya sudah lama dibahas semenjak penyusunan RPJMDes.

Menurutnya tiga program stargetis Pemdes Air Merbau juga diharapkan mampu menekan angka kemiskinan dampak pandemi Covid-19.

Ia menjelaskan akibat pandemi, angka kemiskinan Desa Air Merbau naik sekitar sembilan persen dari sebelumnya empat persen dikarenakan angka pengangguran.

"Data itu bisa dihitung dari penerima bantuan mulai dari BLT-DD maupun Kemensos, BPNT hingga PKH. Ini lah yang memang sedang digagas ke depannya," kata Yudi didampingi wakilnya Firdaus.

Ia mengimbau kepada para pengunjung untuk tetap menerapkan protokol kesehatan mulai dari menggunakan masker hingga jaga jarak.

Panitia juga akan menyiapkan perlengkapan lainnya seperti tempat cuci tangan. (Posbelitung.co/DedeSuhendar)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved