Breaking News:

RCTI Jadi Trending Soal Gugatan ke MK Terkait Izin Penyiaran Facebook, Instagram hingga YouTube

Layanan OTT di Indonesia terus berkembang dan akan menghambat laju ekonomi kreatif dan ekonomi digital apabila gugatan itu dikabulkan

Editor: Rusmiadi
KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA
Gedung Mahkamah Konstitusi 

POSBELITUNG.CO - RCTI jadi pembicaraan belakangan ini hingga, kata RCTI sedang trending topic di Twitter Indonesia. 

Diketahui RCTI trending selama dua hari, mulai Kamis (27/8/2020) hingga hari ini Jumat (28/8/2020). 

Usut punya usut ternyata masalah penyiaran. Jika gugatan RCTI diterima, maka IG TV hingga YouTube Live harus punya izin.

Kebanyakan cuitan warganet menyayangkan langkah RCTI yang mengajukan gugatan soal layanan video over the top (OTT) atau layanan yang berjalan di atas internet untuk dimasukkan dalam klasifikasi penyiaran.

Tak hanya RCTI, iNews TV juga ikut mengajukan gugatan tersebut.

Dua perusahaan media itu menyebut pengaturan penyiaran berbasis internet dalam Pasal 1 ayat 2 UU Nomor 32 Tahun 2020 tentang Penyiaran terbilang ambigu dan menyebabkan ketidakpastian hukum.

Atas gugatan itu, pengguna media sosial di Indonesia terancam tidak bisa menggunakan fitur siaran live di platform manapun.

Sebab perusahaan pemilik layanan seperti Google dan Facebook harus mengantongi izin sebagai lembaga penyiaran terlebih dahulu.

Tak hanya berlaku untuk publik, jika siaran live di media sosial dikategorikan sebagai penyiaran, maka badan usaha hingga badan hukum harus memiliki izin lembaga penyiaran.

Hingga berita ini diturunkan, RCTI telah dibagikan hingga 59,300 Tweet

Halaman
1234
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved