Breaking News:

Berita Belitung

Pasar Tani Desa Air Merbau Dukung Ketahanan Pangan Kabupaten Belitung

Bupati Belitung Sahani Saleh resmi membuka kegiatan Pasar Tani di Jalan Gang Jagung, Desa Air Merbau, Kecamatan Tanjungpandan Belitung

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Ardhina Trisila Sakti
posbelitung.co/Dede Suhendar
Bupati Belitung Sahani Saleh memanen tanaman kacang tanah didampingi jajaran Pemdes Air Merbau usai membuka pasar tani, Sabtu (29/8/2020) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Bupati Belitung Sahani Saleh resmi membuka kegiatan Pasar Tani di Jalan Gang Jagung, Desa Air Merbau, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung pada Sabtu (29/8/2020).

Simbolis pembukaan ditandai pemukulan gong dilanjutkan peninjauan 18 stand yang berpartisipasi selama dua hari.

Berbagai macam hasil pertanian seperti sayur-mayur, umbi-umbian segar serta produk olahan dijual di pasar tani.

"Program strategis Pemdes Air Merbau ini mulai dari pertanian, peternakan dan destinasi wisata ini sudah sangat sinkron dan sinergi dengan program kabupaten. Mulai dari Tusena hingga ketahanan pangan," ujar Sanem.

Ia menjelaskan hingga saat ini pasokan bahan pokok hingga sayur mayur di Belitung dominan masih dipasok dari luar pulau.

Oleh sebab itu, dirinya berharap ke depan Belitung mampu mewujudkan kemandirian pangan mengingat kondisi tanahnya yang subur.

"Ke depan kami akan buat semacam edaran atau peraturan bupati yang mengharuskan pada acara jamuan memanfaat hasil panen petani tidak lagi dari luar. Ini bentuk dukungan pemda bagi para petani lokal," ungkapnya.

Kemudian perpaduan tiga program strategis Pemdes Air Merbau menurut Sanem selaras dari program Pemkab Belitung.

Sebab pemda telah memiliki program satu desa satu destinasi wisata (Tusena) untuk mendukung Belitung sebagai salah satu kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata.

"Jadi tiap desa itu minimal punya satu destinasi pariwisata dan lhamdulillah Air Merbau sudah punya kulong purun. Kami tentunya akan mendukung yang penting cikal bakalnya sudah ada tapi tetap sesuai aturan," katanya.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved