Breaking News:

Berita Belitung

Kemhan Minta Belitung Siapkan Lahan 30.000 Hektar untuk Program Lumbung Pangan, Ini Kata Destika

Kementerian Pertahanan (Kementan) meminta Belitung mempersiapkan 30.000 hektar lahan untuk mendukung program pembangunan food estate

Posbelitung/Yuranda
epala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Destika Elenly 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG-- Kementerian Pertahanan (Kemhan) meminta Belitung mempersiapkan 30.000 hektar lahan untuk mendukung program pembangunan food estate alias lumbung pangan di daerah.

Untuk lahan seluas itu, apabila dikategori sebagai lahan kosong alias tidak ada pemilik, sangat sulit didapat.

Kepala Dinas (Kadis) Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung Destika Effenly mengatakan, tetap akan melakukan berbagai kajian untuk realisasi permintaan dari Kemenhan tersebut. Hanya saja, mereka terlebih dahulu ingin mengetahui arah dari investasi tersebut seperti apa.

"Kalau berbicara potensi, tentu berpotensi, hanya kami ingin tau dulu, seperti apa arah komiditinya dulu, apakah fokus di singkong atau jagung," ungkap Destika kepada Posbelitung.co, Senin (31/8/2020).

Ia mengaku, untuk lahan ini, cara satu -satu nya untuk merealisasikan untuk program lumbung pangan tersebut, yaitu bekerjasama dengan kelompok tani, kelompok Hutan Kemasyarakatan (HKm) dan masyarakat umum.

"Kalau ingin menggunakan lahan pemda, tentu dengan jumlah segitu sangat sulit sekali. Ya paling solusinya seperti itu kerjasama dengan masyarakat, petani, sewa lahan mereka atau bagaimana nantinya. Karena lahan - lahan di Belitung ini sudah ada pemiliknya," jelas Destika.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Belitung, sekarang ini diminta oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan) untuk menyiapkan lahan seluas 30.000 hektar.

Lahan tersebut rencana, diperuntukan untuk mendukung program pembangunan food estate alias lumbung pangan di daerah.

Rencana pembangunan lumbung pangan ini, beberapa waktu lalu sudah dibincangkan oleh Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) di kemhan. Pemerintah pusat, sudah siap menggelontorkan anggaran, untuk pembangunan lumbang pangan tersebut.

"Kami sudah bicarakan soal ini di kemhan langsung, dan mereka meminta kami untuk menyiapkan lahan seluas 30.000 hektar untuk program ketahanan pangan nasional ini. Hanya saja kita terlebih dahulu ingin menginventarisir, lahan di daerah mana saja yang bisa digunakan," ungkap Sanem.

Halaman
12
Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved