Vaksin Covid-19 Bukan Program Imunisasi, Kemenkes: Untuk Memutus Mata Rantai Penularan

Kementerian Kesehatan menjawab soal perbedaan imunisasi dan pemberian vaksin Covid-19.

Penulis: tidakada008 | Editor: M Ismunadi
WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
Achmad Yurianto, Dirjen pencegahan dan pengendalian penyakit kemenkes. 

POSBELITUNG.CO - Kementerian Kesehatan menjawab soal perbedaan imunisasi dan pemberian vaksin Covid-19.

Menurut Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto, hal-hal seperti ini harus dijelaskan kepada masyarakat.

 "Kita harus melihat bahwa vaksin Covid-19 jangan disikapi sebagai vaksin program ( imunisasi). Ini outbreak respons ya. Tujuan dari vaksin Covid-19 memang untuk secepatnya memutus mata rantai penularan. Ini beda dengan vaksin program," ujar Yuri dalam dialog publik di Graha BNPB, Senin (31/8/2020).

Pemberian vaksin Covid-19, dikatakan Yuri, nantinya dipengaruhi oleh kondisi epidemiologi dari virus itu sendiri.

"Ini yang harus kita pahami sehingga masyarakat mestinya dari awal sudah mulai kita beri info sebanyak-banyaknya soal ini," tambahnya.

Eks Jubir Gugas Penanganan Covid-19 itu mengatakan bahwa program imunisasi imunisasi bagi anak akan terus dilakukan, meskipun situasi pandemi Covid-19. Adapun program imunisasi dari Kemenkes yakni Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

"Kita harus pegang prinsipnya, anak sekolah itu bukan berarti harus di sekolah, tapi kita melihat umur kan," katanya.

Meskipun sekolah belum dibuka, Yuri menyebut kegiatan imunisasi bagi anak sekolah tetap dilakukan di lokasi-lokasi selain sekolah.

"Pada beberapa daerah yang sudah memungkinkan operasional sekolah itu dijalankan silakan. Tapi kalau tidak, saya pasti meyakini kalau demand set ini cukup kuat," katanya

Artinya, dikatakan Yuri, imunisasi ini bisa dilakukan melalui janji temu atau di tempat-tempat privat untuk mencegah penularan Covid-19.

"Saya yakin orangtua kita itu demandnya tinggi sekali, karena meyakini bahwa masa depan anak-anak itulah harapan mereka," pungkasnya.

(Penulis: Reza Deni)

Berita ini telah terbit di TRIBUNNEWS.COM berjudul Kemenkes Minta Masyarakat Tak Maknai Vaksin Covid-19 Sebagai Program Imunisasi

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved