Breaking News:

Berita Belitung Timur

Menteri PPN Suharso Monoarfa Resmikan Pusat Informasi Geologi Pulau Belitung

Ini menjadi sebuah kebanggan bagi masyarakat Pulau Belitung khususnya Belitung Timur karena Pulau Belitung memiliki warisan Geologi yang unik...

posbelitung.co/suharli
Foto bersama saat penandatangan prasasti oleh Menteri PPN Suharso Monoarfa saat meresmikan dan mengunjungi PIG di Desa Senyubuk, Kecamatan Kelapa Kampit, Jumat (4/9/2020) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNGTIMUR - Peresmian Pusat Informasi Geologi (PIG) Pulau Belitung Jumat (4/9/2020) ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Menteri PPN, Suharso Monoarfa, Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono, dan Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman.

Dilanjutkan dengan Pengguntingan Pita oleh Menteri PPN / Kepala Bappenas, didampingi oleh Kepala Badan Geologi, Gubernur Bangka Belitung Timur Erzaldi Rosman, Bupati Belitung Sahani Saleh, Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza.

Pusat Informasi Geologi Pulau Belitung Pusat Informasi Geologi Pulau Belitung yang dibangun pada 2019 diprakarsai oleh Badan Geologi Kementerian ESDM atas permintaan Pemerintah Kabupaten Belitung Timur.

Letaknya berada di wisma Kecamatan, jalan Komplek Pelataran PT Timah, Desa Senyubuk Kecamatan Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur Provinsi Bangka Belitung.

Ini menjadi sebuah kebanggan bagi masyarakat Pulau Belitung khususnya Belitung Timur karena Pulau Belitung memiliki warisan Geologi yang unik dan bertaraf internasional seperti misalnya Tor Granit dan Batu Satam.

Dalam Sambutannya Menteri PPN, Suharso Monoarfa menyampaikan Gropark taman alam ini sedang di perjuangan menjadi warisan dunia, hakekaktnya sebuah representatif kehidupan secara geologis yang darinya kita bisa belajar.

"Melalaui geopark dunia akan mendemonstrasikan mengenai apa yang perlu kita rawat dan kita jaga. kita bisa mensosialiasikan pada diri sendiri tapi juga kepada masyarakat. Tadi saya sudah dijelaskan 1000 syarat apa saja yang harus dipenuhi untuk menjadi Unesco Global Geopark (UGG), di Paris akan datang, saya harap geopark di Belitung masuk dalam warisan dunia," ujarnya.

Dia pun berpesan ada nya geopark ini bukan hanya sekedar tonton saja namun, yang paling lemah menurutnya afalah kultur merawat sangat rendah sekali.

"Belitung harus menjadi contoh seluruh situs-situs sedemikian rupa, sehingga dapat eksploitasi lagi hingga muncul geosite baru. Disini saya dengar ada 40 potensi geosite baru," ucapnya.

Sementara itu, Kepala badan geologi, Eko Budo Lelono, mewakili mentri ESDM Atirin Tasrif mengatakan PIG ada tiga lokasi lainnya yakni di Lombok satu, dan di NTT ada dua lokasi.

"Tahun 2020 ada dua pusat informasi baru, semua ya variasi pengembangan geopark, sehingga pengunjung yang hadir bisa mampir dulu ke pusat informasi mengatahui secara umum mana mana saja geosite yang ada," ujarnya. (posbelitung.co/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved