Breaking News:

Pilkada Belitung Timur 2020

Hanya Ada Dua Bapaslon di Pilkada Belitung Timur 2020

Pendaftaran bakal calon pasangan Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur 2020 dipastikan hanya diikuti dua pasangan calon.

posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Penyerahan berita acara oleh KPU Belitung Timur kepada Bawaslu Belitung Timur di depan Kantor KPU Belitung Timur, Minggu (6/9/2020) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNGTIMUR - Pendaftaran bakal calon pasangan Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur 2020 dipastikan hanya diikuti dua pasangan calon.

Ketua KPU belitung Timur menjelaskan bila dilihat dari jumlah kursi yang ada di Belitung Timur berdasarkan pileg 2019 lalu dan hasil pemeriksaan berkas calon dan pencalonan, pasangan Burhanudin-Khairil Anwar didukung 3 partai politik dengan 8 kursi.

Sedangkan pasangan Yuri Kemal Fadlullah - Nurdiansyah didukung oleh 7 parpol dengan jumlah 17 kursi.

"Dapat dipastikan bahwa seluruh kursi yang ada di DPRD Beltim sudah habis terpakai. Jadi tidak memungkinkan lagi ada pasangan calon lain," ujar Rizal kepada awak media, Minggu (6/9/2020).

Kedua Bakal pasangan calon tersebut juga seduah menerima berita acara penyarahan berkas dan sah menjadi bakal calon, sedangkan untuk status calon akan diumumkan pada 23 September 2020 akan datang.

Sebelumnya diketahui, berkas pencalonan pertama diserahkan pasangan Burhanudin dan Khairil Anwar (Berakar) dan pencalonan kedua diserahkan pasangan Yuri Kemal Fadlullah dan Nurdiansyah (KAYA) pada hari ini Minggu 6 September 2020.

"Kami sudah melakukan penerimaan berkas pencalonan dua bakal pasangan calon. Pertama pukul 9.00 pagi, pak Burhanudin dan pak Khairil Anwar, dan pukul 14.00 wib, pak Yuri Kemal Fadlullah dan pak Nurdiansyah," jelasnya.

Proses selanjutnya adalah pemeriksaan lanjutan berkas calon dan pencalonan. Selain itu, pada tanggal 8 dan 9 September akan dilakukan pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon yang akan dilaksanakan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

"Tujuh hari mendatang, adalah masa pemeriksaan berkas. Dan seiring sejalan dengan pemeriksaan kesehatan yang merupakan salah satu bagian syarat calon. Setelah itu baru tanggal 13 September akan menyampaikan hasil verifikasi berkas terkait calon. Kalau nanti ada kekurangan atau harus diperbaiki hasilnya akan disampaikan," ujarnya

Sementara itu, Ketua Bawaslu Beltim Wahyu Epan Yudhistira memastikan pengawasan tahapan pendaftaran bakal calon pasangan berjalan dengan baik.

Dia mengatakan, hari ini merupakan hari terakhir masa pendaftaran yang dimulai 4 September sampai 6 September 2020.

Setelah mencermati berkas kelengkapan calon dan pencalonan sudah memenuhi ketentuan, bakal pasangan calon hanya menunggu proses verifikasi sebelum penetapan sebagai calon oleh KPU.

"Sejalan dengan pemeriksaan kesehatan, termasuk hasilnya menjadi satu kesatuan proses pendaftaran sehingga tanggal 23 September akan datang penetapan calon," bebernya. (posbelitung.co/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved