Breaking News:

Menteri PPN Resmikan Pusat Informasi Geologi

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional RI Suharso Monoarfa meresmikan Pusat Informasi Geologi Pulau B

IST.Diskominfo Beltim/Fauzi Akbar
Rombongan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas foto bersama di objek wisata Open Pit Nam Salu, Kelapa Kampit, Belitung Timur. 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG–- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional RI Suharso Monoarfa meresmikan Pusat Informasi Geologi Pulau Belitung di Jalan Kompleks Pelataran PT Timah, Desa Senyubuk, Kecamatan Kelapa Kampit, Jumat (4/9).

Peresmian ditandai pemotongan pita dan penandatanganan prasasti dari Menteri PPN, Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono, dan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan.

Acara disaksikan oleh Kapolda Babel Irjen. Anang Syarif Hidayat, Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza, Bupati Belitung Sahani Saleh, Sekretaris Utama Kementerian PPN Hari Yoga Himawan, serta para pejabat di lingkungan Kementerian PPN, Kementerian ESDM, Forkopimda dan Pemkab Beltim.

Dalam sambutannya, Menteri Suharso meminta agar Pemkab Beltim bersama komunitas dan masyarakat dapat bersama-sama menjaga dan merawat fasilitas yang ada baik di Pusat Informasi Geologi (PIG) atau pun berbagai di geosite Pulau Belitung.

“Komunitas dan masyarakat harus benar-benar dilibatkan secara aktif dalam geopark. Karena begitu mereka dilibatkan mereka akan ikut merasa memiliki dan otomatis akan merawat dan menjaga dengan sepenuh hati,” kata Suharso.

Lebih lanjut, alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) 78 itu berharap agar pada saat beberapa tahun kembali lagi ke Pulau Belitung, aset-aset milik pemerintah terutama yang berhubungan dengan geopark dapat seperti saat pertama dilakukan penyerahan hibah.

“Jangan sampai nanti tahun 2021 atau 2022 nanti saya kembali lagi ke sini, fasilitasnya sudah tidak berfungsi atau malah tak jelas bangunan ini. Jadi mohon dijaga baik-baik,” ucapnya.

Selain itu pula, dengan adanya status UNESCO Global Geopark yang segera akan diperoleh, Suharso ingin agar pembangunan pariwisata di Pulau Belitung menjadi tujuan wisata yang berkualitas (quality tourism), bukan hanya mengandalkan wisatawan yang banyak berkujung (mass tourism).

Dengan terjaganya budaya dan alam akan menjadi aspek daya tarik wisatawan datang ke sini. Bukan berbasiskan jumlah wisatawan yang datang namun berapa banyak uang yang dikeluarkan serta pengalaman dan rasa ingin tahu yang mereka dapatkan,” ujar Suharso.

Destinasi baru

Halaman
12
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved