Breaking News:

Hari Literasi Internasional, SMA Negeri 1 Manggar Serahkan Buku Karya Siswa ke Perpustakaan

Kepala SMA Negeri 1 Manggar Sabarudin mengatakan enam buku ini merupakan karya siswa, guru, dan kepala sekolah.

Ist/Pusda
Kepala Dinas Perpustakaan Beltim Amirudin beserta rombongan dari SMA Negeri 1 Manggar, Selasa (8/9/2020) di Perpustakaan Daerah Beltim. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Memperingati Hari Literasi Internasional yang jatuh pada hari ini, Selasa (8/9/2020), SMA Negeri 1 Manggar lewat proyek Gerbang Penulis menyerahkan enam buku kepada Perpustakaan Daerah Belitung Timur.

Kepala SMA Negeri 1 Manggar Sabarudin mengatakan enam buku ini merupakan karya siswa, guru, dan kepala sekolah.

"Proyek Gerbang Penulis dilakukan selama pandemi. Ketika sekolah lain tidak beraktivitas, kami membuat grup ini. Outputnya yaitu satu karya kepala sekolah, tiga buku karya guru, dan dua buku karya siswa," jelas Sabarudin kepada posbelitung.co, ditemui seusai kunjungan.

Ia mengapresiasi Kepala Dinas Perpustakaan Belitung Timur Amirudin karena telah turut berkontribusi mengembangkan literasi di Belitung Timur.

"Penyerahan buku ini sebagai bentuk kemitraan dengan Dinas Perpustakaan Belitung Timur membangun literasi supaya lebih berkembang," kata Sabarudin.

Lebih lanjut, Sabarudin berencana akan melakukan MoU dengan Dinas Perpustakaan Belitung Timur tentang peminjaman buku secara berkala kepada SMAN 1 Manggar.

"Sekaligus juga memberikan reward kepada penulis. Ini hal yang luar biasa, karena jarang suatu institusi memberikan reward kepada penulis. Saya sangat mengapresiasi kepada Kapusda yang punya misi besar membangun Beltim sebagai salah satu kabupaten literasi di Indonesia," ujar Sabarudin.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan Belitung Timur Amirudin mengatakan hari ini spesial karena tepat dengan Hari Literasi Internasional. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh SMA Negeri 1 Manggar patut dicontoh oleh sekolah lain.

"Ide inovatif dan kreativitas ini yang perlu dibangun dalam mengembangkan literasi. SMA Negeri 1 Manggar sudah memulainya dengan mengembangkan karya tulis mereka dan ini merupakan spirit yang positif untuk mengembangkan minat baca dan minat masyarakat Beltim untuk menulis," kata Amirudin.

Mudah-mudahan, sambungnya, dengan momen spesial Hari Literasi Internasional ini, Pemda memberikan dukungan penuh dalam rangka meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat.

"Saya apresiasi proyek ini. Insya Allah kami juga akan memberikan piagam penghargaan kepada mereka sebagai bentuk apresiasi kami dan bisa memberikan motivasi bagi penulis khususnya dan bagi kita semua," kata Amirudin. (Posbelitung.co/ BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved