Breaking News:

Berita Belitung

Kata Bupati Belitung Soal Anggaran KONI Yang Tak Disetujui

Apalagi, kata dia, Pemerintah Daerah wajib menganggarkan sesuai dengan Undang - undang nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Bupati Belitung H Sahani Saleh 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) mengatakan, anggaran Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Belitung, sebetulnya sudah dialokasikan oleh eksekutif.

KONI tetap mendapatkan anggaran walaupun ada refocusing APBD.

"Jadi kalau ditanya soal Pemda ini ada duit atau tidak, duit Pemda ini banyak, walaupun kemarin ada refocusing. Apalagi kita ini dapat bantuan untuk pemulihan ekonomi dari APBN, semakin banyak," ungkap Sanem kepada posbelitung.co, Selasa (8/9/2020).

Pemerintah pusat melalui APBN memberikan dua anggaran tambahan untuk belanja di Kabupaten Belitung yaitu, sebesar Rp 11,9 miliar dan Rp12,5 miliar.

"Jadi tidak ada alasan tidak ada duit. Kalau masalah duit kita tidak mengalami kendala, jadi bukan karena kesalahan Pemda, walaupun duit banyak tapi harus jelas administrasi dan penggunaannya," ujarnya.

Apalagi, kata dia, Pemerintah Daerah wajib menganggarkan sesuai dengan Undang - undang nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

Itu tertuang dalam pasal 69 point pertama yaitu pendanaan ke olahragaan menjadi tanggung jawab bersama antara Pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat.

Lalu point kedua yaitu pemerintah dan pemerintah daerah wajib mengalokasikan anggaran keolahragaan melalui APBN serta APBD.

"Kaitan dengan KONI itu, memang untuk olahraga kemarin di fokuskan di KONI, dan pada awal dengan komisi (komisi di DPRD) serta rapat gabungan tidak ada masalah, tapi masalah nya di Banggar, tapi prosedur dan proses tidak ada masalah," bebernya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved