Breaking News:

Berita Belitung Timur

Bakal Calon yang Gagal Tes Kesehatan, Parpol Diberi Kesempatan Ganti Nama

Proses pemeriksaan kesehatan bagi bakal calon kepala daerah Belitung Timur hari ini Rabu (9/9/2020) selesai dilaksanakan di RSPAD

Ist/KPU Beltim
Pemeriksaan rohani berupa wawancara hasil screening tes MMPI kemarin oleh bacakada di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, Rabu (9/9/2020). 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG--Proses pemeriksaan kesehatan bagi bakal calon kepala daerah Belitung Timur hari ini Rabu (9/9/2020) selesai dilaksanakan di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.

Keputusan memenuhi syarat atau tidaknya kesehatan jasmani, rohani, dan bebas narkoba bakal calon akan diputuskan sore ini pukul 16.00 WIB oleh pleno tim pemeriksa kesehatan RSPAD Gatot Soebroto.

Namun, hasil tes kesehatan ini akan diumumkan oleh KPU pada 11 atau 12 September mendatang sesuai dengan jadwal tahapan.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Belitung Timur Divisi Teknis Penyelenggaraan Yuli Restuwardi mengatakan tes kesehatan hari ini fokus pada pemeriksaan rohani bacakada. Setelah hari pertama pemeriksaan jasmani dan bebas narkoba.

"Hasilnya akan melengkapi persyaratan dalam pendaftaran Pilkada. Jika memang hasilnya tidak sesuai harapan maka partai politik pengusul akan diberikan waktu mengganti calon tersebut," kata Restu saat dihubungi Posbelitung.co, Rabu (9/9/2020).

Pengajuan nama calon baru ini dilakukan di masa penyerahan dokumen perbaikan syarat calon yaitu 14-16 September 2020.

Restu mengatakan tes kesehatan ini bertujuan untuk mengetahui kesehatan setiap bacakada. Syarat harus sehat jasmani, rohani, dan bebas narkoba menjadi penting bagi calon kepala daerah karena yang bersangkutan akan memimpin pemerintahan dalam beberapa tahun ke depan.

"Belitung Timur sendiri punya sejarah kelam dalam tahapan proses ini karena pernah ada bakal calon yang dinyatakan tidak lolos dalam tes kesehatan. Semoga pada penyelenggaraan tahun ini kejadian tersebut tidak terulang," kata Restu. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved