Breaking News:

Berita Belitung

Bupati Belitung Puji UMKM Berkreasi dan Inovasi, Olah Sumber Daya Lokal

Bupati Belitung H Sahani Saleh menghadiri gelaran VirtUMKM dan Ekrafbition yang digelar di Gedung Serbaguna, Tanjungpandan, Rabu (9/9/2020).

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Bupati Belitung H Sahani Saleh bersama istrinya Asmara melihat ke stan pameran VirtUMKM di Gedung Serbaguna, Tanjungpandan, Rabu (9/9/2020) 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG--Bupati Belitung H Sahani Saleh menghadiri gelaran VirtUMKM dan Ekrafbition yang digelar di Gedung Serbaguna, Tanjungpandan, Rabu (9/9/2020).

Bersama istri Asmara Sahani Saleh, Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung H MZ Hendra Caya serta tamu lainnya mereka mendatangi satu per satu stan UMKM kuliner.

Selepas melihat-lihat produk kuliner yang ditampilkan, pria yang akrab disapa Sanem itu memuji para UMKM yang mampu berinovasi dan memodernisasi produknya.

"Modernisasi bukan menghilangkan (produk) yang lama, tapi justru meningkatkan dari segi mutu maupun packaging (pengemasan). Inovasi produknya seperti gangan tapi dikreasikan dalam kemasan, mutu, dan rasa diolah secara berbeda sebagai sebuah perkembangan," ungkap Sahani yang akrab disapa Sanem.

"Tadi bolu dan bingka dikreasikan dari singkong, kentang, dan buter. Bahkan ada kopi hasil pertanian lokal," katanya.

Mengolah sumber daya lokal berupa hasil pertanian bisa menjadi upaya mengurangi ketergantungan terhadap barang-barang dari luar Belitung, sehingga dampaknya ketika UMKM bangkit, maka petani, nelayan hingga pekerjaan lain pun turut merasakan gairah perekonomian.

"Bukan tidak mau terima produk luar, tapi agar daerah berinovasi terhadap ketahanan pangan suatu daerah. Sehingga ketika terjadi sesuatu, tidak bergantung lagi karena sudah mandiri," ucapnya.

Ke depan, kreasi dan inovasi olahan masyarakat ini akan terus ditingkatkan melalui pelatihan yang diadakan Balai Latihan Kerja (BLK). Apalagi, kata Sanem, masyarakat yang ingin memulai usaha, pemerintah sudah bekerjasama dengan perbankan agar menyiapkan modal usaha.

"Tinggal kemauan masyarakat. Kami siap mengupayakan perekonomian, sudah melatih masyarakat, agar tidak semata mencari pekerjaan tapi menciptakan pekerjaan dengan kemandirian," jelas Sahani.

Ia menambahkan, sebagai pameran pertama kali digelar secara virtual, jangkauan konsumen lebih luas. Transaksi jual-beli juga semakin mudah karena bisa melalui daring, sehingga dimasa pandemi ini, diharapkan UMKM Belitung kembali bergairah.

Halaman
12
Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved