Breaking News:

Berita Belitunh

Buter Alias Talas Belitung Punya Segudang Manfaat Hingga Bisa Jadi Beragam Olahan Nikmat

Puluhan pelaku UMKM memamerkan produk olahannya pada Belitung VirtUMKM dan Ekrafbition di Gedung Serbaguna, Tanjungpandan, Rabu (9/9/2020).

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Bupati Belitung H Sahani Saleh bersama istrinya Asmara melihat ke stan pameran VirtUMKM di Gedung Serbaguna, Tanjungpandan, Rabu (9/9/2020) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG-- Puluhan pelaku UMKM memamerkan produk olahannya pada Belitung VirtUMKM dan Ekrafbition di Gedung Serbaguna, Tanjungpandan, Rabu (9/9/2020).

Pada sesi pertama, aneka kuliner ditampilkan secara langsung melalui kanal YouTube dan media sosial.

Namun ada produk menarik yang ditampilkan di satu stan tersebut, yakni olahan serba buter yang ditampilkan Rimba Alam Bahagia.

Di meja pameran, ada banyak hasil olahan tanaman yang juga disebut sebagai Talas Belitung ini.

Antara lain donat, kroket, tepung buter, keripik, kerupuk, mie, hingga sayur asin dari batang buter. Tak cuma itu, dengan kreasi dan inovasi, banyak lagi olahan yang bisa dibuat dari umbi ini.

"Buter mudah didapatkan, juga menjadi bahan yang tahan dibandingkan umbi-umbian lain seperti singkong atau talas. Karena buter ini tinggal dicabut umbinya saja, nanti akan tumbuh lagi, selama batang pohonnya hidup bisa terus menghasilkan umbi hingga puluhan tahun," kata Santi yang berjaga di stan Rimba Alam Bahagia.

"Makanya salah satu bahan ketahanan pangan ini diangkat lagi mau diolah apa. Umbinya dibuat beragam olahan, bahkan batangnya bisa dibuat sayur asin," imbuh dia.

Tanaman bernama ilmiah Xanthosoma Sagittifolium ini memang mudah tumbuh di Belitung. Bentuk tanamannya seperti keladi, namun memiliki tasa agak tawar dan lebih empuk.

Juga rendah glukosa dan kalori sehingga baik dikonsumsi bagi orang yang diabetes maupun orang yang punya gejala penyakit jantung. Selain itu, seratnya tinggi sehingga bagus buat orang yang pencernaan kurang lancar, juga bagus bagi penderita darah tinggi, mata, dan bahkan masa pandemi ini dapat menjaga kekebalan imun.

"Ini luar biasanya buter," ucapnya.

Buat yang pengen nyobain beragam olahan nikmat buter ini bisa datang langsung ke objek Pasar Rimba atau Rimba Alam Bahagia di Desa Kacang Butor, Kecamatan Badau. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved