Breaking News:

Berita Belitung

Pelaku UMKM Pamerkan Produk di Belitung VirtUMKM dan Ekrafbition, Yuk Lihat Di Sini!

Belitung pertama kalinya menggelar pameran secara virtual yang disebut Belitung VirtUMKM dan Ekrafbition.

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Bupati Belitung H Sahani Saleh bersama istrinya Asmara melihat ke stan pameran VirtUMKM di Gedung Serbaguna, Tanjungpandan, Rabu (9/9/2020) 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG--Belitung pertama kalinya menggelar pameran secara virtual yang disebut Belitung VirtUMKM dan Ekrafbition.

Pameran yang digelar di Gedung Serbaguna, Tanjungpandan, Belitung, Rabu (9/9/2020) ini bisa disaksikan secara langsung melalui https://youtu.be/eCK1DSmSyIg.

Ada 51 UMKM yang menampilkan produknya yang dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama diperuntukkan bagi kuliner.

Sebanyak 16 usaha kuliner beraneka olahan memperkenalkan produknya secara daring. Dilanjutkan sesi kedua bagi 20 industri olahan pertanian dan perikanan, kemudian sesi terakhir bagi 15 ekonomi kreatif.

Setiap stan diberikan waktu memperkenalkan produknya. Hingga menyertakan kontak yang bisa dihubungi bagi calon konsumen.

Menurut Kepala Dinas KUMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung Adnizar, karena dilakukan secara daring, maka jangkauan promosi produk tentu lebih luas.

Bukan hanya lokal, tapi juga secara nasional, bahkan bisa disaksikan dari luar negeri. Ditambah platform siaran pun melalui YouTube hingga media-media sosial yang dikelola Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo Kabupaten Belitung).

Pameran ini juga sebagai upaya pemerintah membangkitkan semangat pelaku usaha yang beberapa bulan terakhir terimbas pandemi Covid-19. Sehingga cara ini dilakukan agar UMKM Belitung bisa terus berproduksi.

"Teman-teman (pelaku UMKM) siapkan mulai pengemasan, sudah mencantumkan wa (WhatsApp). Jadi kalau tertarik silakan pesan langsung. Pesanannya pun siap termasuk skala besar, kalau berminat silakan saja," kata Adnizar.

Di samping itu, pameran ini juga diharapkan memancing wisatawan datang ke Belitung. Jadi meskipun secara lokal daya beli tidak terlalu besar, namun datangnya wisatawan bisa mengimbas pelaku UMKM.

Halaman
123
Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved