Breaking News:

Berita Belitung

Bendahara Desa Selat Nasik Ditetapkan Sebagai Tersangka, Uang Desa Buat Bayar Arisan Online

Kaur Keuangan merangkap bendara desa berinisial MS (31) ditetapkan sebagai tersangka atas perkara dugaan tipikor APBDes Selat Nasik

posbelitung.co/Dede Suhendar
Kajari Belitung Ali Nurudin. 

POSBELITUNG.CO, BANGKA - Kaur Keuangan merangkap bendara desa berinisial MS (31) ditetapkan sebagai tersangka atas perkara dugaan tipikor APBDes Selat Nasik, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung tahun anggaran 2019.

Penetapan tersangka diputuskan dari hasil gelar perkara penyidikan umum berdasarkan keterangan saksi, surat hasil pemeriksaan laporan pertanggungjawaban akhir masa jabatan kepala desa ditambah keterangan APIP Inspektorat Kabupaten Belitung.

"Jadi berdasarkan tiga alat bukti itu kami tetapkan kaur keuangan sekaligus bendara desa sebagai tersangka. Kalau Undang-Undang hukum pidana itu minimal dua alar bukti dan ini sudah tiga," ujar Kajari Belitung Ali Nurudin didampingi Kasi Pidsus Heru, Kamis (10/9/2020).

Ia menjelaskan MS ditetapkan sebagai tersangka karena diduga menggunakan uang desa sekitar Rp 317,5 juta untuk kepentingan pribadi bukan untuk kegiatan yang direncanakan pemerintah desa.

Wanita 31 tahun itu sudah mengakui perbuatannya bahkan sudah pernah mengganti uang sekitar Rp 60 juta.

Sementara ini, sisa uang yang harus dipertanggungjawabkan tersangka sekitar Rp 257,5 juta.

"Jadi uang itu digunakan dia untuk membayar arisan online. Itu perhitungan sementara dari penyidik, nanti kami akan minta ahli menghitung kerugian negaranya," ungkapnya.

Ali menambahkan berdasarkan rangkaian penyidikan umum dan khusus dari Seksi Pidsus Kejari Belitung, penetapan tersangka sebenarnya sudah bisa dilakukan pada Agustus 2020 lalu.

Namun dirinya mempertimbangkan pelaksanaan Pilkades Serentak 2020 yang awalnya direncanakan akhir Agustus lalu.

"Tapi karena ditunda maka penanganan perkara ini harus berlanjut dan hari ini penetapan tersangka," katanya.

Halaman
123
Penulis: Dede Suhendar
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved