Breaking News:

Berita Belitung Timur

BPS Belitung Timur Laksanakan Sensus Penduduk 2020 di Pulau Buku Limau

Badan Pusat Statistik (BPS) Belitung Timur melaksanakan Sensus Penduduk 2020 di Pulau Buku Limau, Manggar, Belitung Timur.

Ist/BPS Beltim
Suasana pensensusan penduduk di Pulau Buku Limau, Manggar, beberapa waktu lalu. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG--Badan Pusat Statistik (BPS) Belitung Timur melaksanakan Sensus Penduduk 2020 di Pulau Buku Limau, Manggar, Belitung Timur.

Pelaksanaan ini sebagai tindak lanjut program #MencatatIndonesia yang sebelumnya sudah dilaksanakan secara online.

Petugas Sensus Penduduk 2020 BPS Beltim Siska Agustina mengatakan kegiatan sensus di pulau tersebut berjalan lancar.

"Pelaksanaan hanya satu hari kemarin Senin tanggal 7 September 2020. Disambut masyarakat secara hangat. Kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik antara masyarakat, pemerintahan desa, Ketua RT, Linmas, dan pihak-pihak terkait dalam menyukseskan Sensus Penduduk 2020 ini," kata Siska kepada Posbelitung.co, Kamis (10/9/2020).

Suasana pensensusan penduduk di Pulau Buku Limau, Manggar, beberapa waktu lalu.
Suasana pensensusan penduduk di Pulau Buku Limau, Manggar, beberapa waktu lalu. (Ist/BPS Beltim)

Ia mengatakan, pencacahan atau pendataan penduduk dilaksanakan serempak di seluruh Indonesia selama bulan September 2020.

Petugas SP2020 akan mendatangi rumah-rumah penduduk dan bertatap muka langsung dengan responden didampingi ketua RT setempat atau yang mewakili.

"Tentunya, para petugas ini wajib mengenakan Alat Pelindung Diri (APD), seperti masker, face shield, sarung tangan, dan hand sanitizer serta telah melakukan rapid tes sehingga aman untuk bertatap muka dengan penduduk," ungkap Siska.

Suasana pensensusan penduduk di Pulau Buku Limau, Manggar, beberapa waktu lalu. I
Suasana pensensusan penduduk di Pulau Buku Limau, Manggar, beberapa waktu lalu. I (Ist/BPS Beltim)

Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 berguna untuk mengetahui jumlah penduduk sesuai dengan domisili. Hal ini akan membantu pemerintah dalam merumuskan kebijakan dan program terkait kependudukan dan sosial kemasyarakatan.

"Selain itu, SP2020 juga menjadi langkah awal pemerintah mewujudkan Satu Data Kependudukan Indonesia. Jadi bagi masyarakat Belitung Timur ayo kita sukseskan sensus penduduk ini," ajak Siska. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved