Breaking News:

Berita Belitung

Kembangkan Sektor Pariwisata, Ini Rencana Pemerintah Kabupaten Bangka dan Belitung

Pemerintah Kabupaten Belitung dan Pemerintah Kabupaten Bangka, Jumat (11/9/2020) kini sudah melakukan pertemuan.

Posbelitung.co/Disa Aryandi
Rombongan Pemerintah Kabupaten Bangka, Jumat (11/9/2020) bertemu dengan Pemerintah Kabupaten Belitung di ruang pertemuan Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten Belitung. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG-- Pemerintah Kabupaten Belitung dan Pemerintah Kabupaten Bangka, Jumat (11/9/2020) kini sudah melakukan pertemuan. Salah satu yang menjadi pembahasan mereka, yaitu tentang pengembangan sektor pariwisata.

Namun bukan hanya itu saja yang sekarang ini sudah direncanakan oleh dua kabupaten tersebut, yaitu berencana melakukan kerjasama untuk memenuhi kebutuhan sektor pariwisata.

"Misalkan, Bangka ada komoditi apa yang Belitung tidak punya, nanti Bangka yang mensuplai komiditi tersebut dan begitu pula sebaliknya. Terutama untuk memenuhi kebutuhan hotel," ungkap Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie kepada Posbelitung.co, Jumat (11/9/2020).

Pertumbuhan hotel di Belitung sekarang ini, sudah mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja sekarang ini, sedang dalam masa pandemi covid-19, sehingga baru sebagian hotel kembali beroperasi.

"Tapi setelah ini, pasti semua hotel akan buka lagi, Belitung punya hotel bintang lima, bintang empat, bintang tiga dan seterusnya, kalau ini sudah beroperasional kembali, pasti akan banyak komoditi yang dibutuhkan," ucapnya.

Isyak menilai, untuk memenuhi komiditi hotel di Belitung, tentu tidak bisa hanya mengandalkan dari dalam daerah, sehingga harus melakukan kerjasama antar dua daerah, alias saling sharing.

"Jadi istilahnya transfer teknologi, Bangka ajarin Belitung apa, Belitung ajarin Bangka soal pengembangan pariwisata. Pariwisata Belitung ini memang dari awal terlahir sebagai transformasi ekonomi, dari pertambangan ke ekonomi kreatif," ucapnya.

Pertumbuhan ekonomi kreatif tersebut, kata dia, tentunya bentuk dari kesadaran masyarakat. Terutama dari perubahan mainset dan mental masyarakat, dan Pemerintah Kabupaten Belitung hanya mempersiapkan manajemen dalam perubahan tersebut.

"Kalau manajemennya sudah baik, kami tinggal kasih support money (uang) nya, kalau money nya sudah baik kami buka marketnya, tapi itu semua tidak mudah, karena di Belitung ini awalnya masyarakat tambang, yang instan. Maka dari itu kita tidak bisa meminta mereka berubah dalam satu tahun, jadi harus bertahun-tahun," beber Isyak.

Belajar KEK Wisata

Halaman
12
Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved