Breaking News:

Berita Belitung

Pemkab Belitung Dua Kali Terima DID dari APBN, Nilainya Hingga Puluhan Miliar, Digunakan untuk Ini

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung, sekarang ini sudah mendapatkan gelontor Dana Insentif Daerah (DID) dari Pemerintah Pusat

Posbelitung/Disa Aryandi
H MZ Hendra Caya, Sekda Belitung 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG-- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung, sekarang ini sudah mendapatkan gelontor Dana Insentif Daerah (DID) dari Pemerintah Pusat yang bersumbet dari APBN.

DID yang diterima oleh Pemkab Belitung, lantaran Belitung dikategorikan berhasil melakukan pencegahan dan penanganan covid-19.

DID yang sudah diterima tersebut, terbilang sudah dua kali didapat oleh Pemkab Belitung yaitu tahap pertama dan tahap kedua. Untuk tahap pertama Belitung mendapatkan Rp 11,9 miliar dan tahap kedua yaitu Rp 12,5 miliar.

"Itu semua, sekarang sudah dipergunakan, dan diperuntukkan sesuai dengan instruksi pemerintah pusat yaitu untuk pemulihan ekonomi," ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Belitung H MZ Hendra Caya kepada Posbelitung.co, Jumat (11/9/2020).

Untuk tahap pertama, sudah digunakan dan disalurkan melalui organisasi perangkat daerah (OPD). Namun tidak dipungkiri sebagian dari anggaran tersebut dipergunakan untuk keperluan kesehatan.

"Nah tahap kedua ini juga, sekarang sudah mulai dipergunakan, tapi porsi kesehatan nya hanya sedikit, dan memang untuk DID ini untuk pemulihan ekonomi masyarakat, pasca pandemi covid-19," ujarnya.

Ia mengaku, untuk bantuan DID tersebut tidak semua daerah di Indonesia di berikan oleh Pemerintah Pusat. Khusus di Belitung saja, tahap pertama yang mendapatkan DID itu, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Pemerintah Kabupaten Belitung dan Pemerintah Kota Pangkal Pinang.

Sedangkan untuk tahap kedua yang menerima DID itu, yaitu Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Pemerintah Kabupaten Bangka dan Pemerintah Kabupaten Belitung.

"Kalau yang tahap kedua ini, khusus Belitung sudah dipergunakan dan disalurkan ke OPD - OPD. Salah satu nya Dinas Pariwisata, kini sudah membuat Bazar di Tanjung Pendam, dan itu setiap bulan akan digelar," bebernya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved