Breaking News:

Berita Belitung Timur

Warga di Belitung Timur yang Tidak Pakai Masker Bisa Kena Denda Sampai Rp150 Ribu

Untuk denda administratif, besaran bagi perseorangan yakni Rp 50 ribu dan bagi pelaku usaha mencapai Rp 150 ribu.

Ist/Suharman
Kabag Hukum Setda Belitung Timur Suharman. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Warga di Belitung Timur bisa dikenakan sanksi denda sebesar Rp50 ribu jika tidak memakai masker saat beraktivitas di luar rumah.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Bupati Beltim nomor 44 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Belitung Timur.

Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Belitung Timur Suharman mengatakan perbup ini mulai berlaku sejak 24 Agustus 2020.

Di dalamnya mengatur tentang sanksi-sanksi yang diberikan bagi pelanggar protokol kesehatan.

"Ada beberapa sanksi, yaitu tertulis, lisan, kerja sosial, hingga denda administratif. Berlaku baik untuk perseorangan maupun pelaku usaha," kata Suharman kepada posbelitung.co, Jumat (11/9/2020).

Untuk denda administratif, besaran bagi perseorangan yakni Rp 50 ribu dan bagi pelaku usaha mencapai Rp 150 ribu.

Kemudian untuk jenis sanksi kerja sosial apakah diminta gotong royong membersihakan taman atau menyapu atau yang lain akan diatur oleh Dinas Sosial.

Lalu untuk pelanggar di sektor pelaku usaha akan ditangani oleh Dinas Perizinan.

"Sampai saat ini belum ada yang dilakukan penindakan sanksi karena masih dilakukan pendekatan secara persuasif. Juga dilakukan sosialisasi dulu. Setelah sosialisasi akan dilakukan razia. Nanti baru jika masih membandel langsung tindak tegas," ujarnya.

Dalam perbup ini juga dijelaskan bahwa unsur-unsur seperti TNI/Polri, Kejaksaan, dan perangkat daerah lain membentuk tim terpadu dalam mengimplementasikan penegakan perbup ini.

Halaman
12
Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved