Breaking News:

Berita Belitung

Tidak Gunakan Masker, Warga di Belitung Siap-siap Terancam Sanksi, Ini Sanksi Sosialnya

Pemerintah Kabupaten Belitung, sekarang ini sudah mengajukan revisi Peraturan Bupati (Perbup) tentang new normal protokol kesehatan.

Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie bersama forkopimda membagikan masker kepada masyarakat, Kamis (9/9/2020) 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG--Pemerintah Kabupaten Belitung, sekarang ini sudah mengajukan revisi Peraturan Bupati (Perbup) tentang new normal protokol kesehatan.

Di revisi perbup itu, Pemerintah Kabupaten Belitung memasukan tentang point sanksi bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker.

Ini sebagai bentuk, menindaklanjuti instruksi Presiden (Inpres), Peraturan Presiden (Perpres) dan Instruksi Menteri Dalam Negeri, tentang pemberian sanksi bagi orang yang tidak menggunakan masker.

"Sanksi yang kami ajukan, di dalam perbup itu berupa sanksi sosial seperti membersihkan tempat ibadah, atau menyapu Jalan, dan sanksi administrasi berupa denda Rp 100.000," ungkap Kabag Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten Belitung Suparno kepada Posbelitung.co, Sabtu (12/9/2020).

Untuk perbup yang lama, tentang standar operasional prosedur (SOP) new normal, sanksi bagi yang yang tidak menggunakan masker, tidak di masukan. Namun pada rancangan awal sempat di masukan, berupa denda administrasi sebesar Rp 150.000,-.

"Tapi karena melihat situasi daerah, dan saat rapat juga banyak yang tidak setuju, jadi hapuskan, tapi sekarang sudah di usulkan lagi, karena untuk baro meter sekarang, nasional," ucapnya.

Perbup tersebut dibuat, lanjut dia, sebagai bentuk penerapan disiplin kepada masyarakat umum atau siapapun, agar tetap menggunakan masker dalam situasi apapun. Sehingga kasus covid-19 bisa berkurang dan pandemi cepat berakhir.

"Itu sebetulnya bukan hanya orang saja, tapi setiap badan usaha wajib menyiapkan masker untuk orang yang tidak punya masker, seperti pekerja atau karyawan swasta," jelas Suparno.

Razia Masker 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Belitung H MZ Hendra Caya mengatakan, sekarang ini sudah mulai berencana untuk melakukan antisipasi terhadap peningkatan kasus Covid-19 di DKI Jakarta, hingga berujung pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Halaman
123
Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved