Breaking News:

Berita Belitung Timur

Ada Sebanyak 89.851 DPS di Belitung Timur, Penambahan dari Pemilih Pemula

Hasil rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) se-Kabupaten Belitung Timur ditetapkan ada sebanyak 89.851 DPS oleh KPU Belitung Timur.

Posbelitung.co/Suharli
Ketua KPU Belitung Timur menyerahkan berita acara kepada Bawaslu Belitung Timur. Senin (14/9/2020) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG-- Hasil rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) se-Kabupaten Belitung Timur ditetapkan ada sebanyak 89.851 DPS oleh KPU Belitung Timur.

Ketua KPU Belitung Timur, Rizal menyampaikan beberapa hari kedepan akan diumumkan di kantor desa sambil menunggu masukan dan tanggapan dari masyarakat berkenaan DPS yang sudah ditetapkan.

"Kemudian ada mekanisme lagi untuk pemutakhiran yaitu penetapan DPS Hasil Herbaikan," ujar Rizal kepada posbelitung, Senin (14/9/2020).

Dia menyampaikan bila dibandingkan dengan pemilu 2019 lalu, tentunya ada kenaikan jumlah pemilih yakni 86.722 menjadi sebanyak 89.851 pemilih.

"Jadi kami melihat peningkatan pemilih ini step by step, dari data terakhir penambahannya ada sekitar 3.000 pemilih penambahannya," ujarnya.

Penambahan itu menurut Rizal berasal dari pemilih pemula yang pada 9 Desember akan datang berusia 17 tahun.

Dia juga menjelaskan ketika pemilu serentak awalnya dijadwalkan pada 23 September 2020, ketika ditunda, dan dilanjutkan ke 9 Desember 2020 ada penambahan sekitar 500 pemilih dari bulan September ke Desember.

Selain itu penambahan-penambahan yang berasal warga yang sudah ada dokumen administrasi penduduk terkait pindah domisili.

Setelah kita menetapkan DPS itu ada mekanisme pengumuman yang dilakukan oleh PPS di desa masing-masing.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat yang sudah terdaftar di Pemilu untuk mengecek sekali lagi namanya di dalam daftar pemilih sementara (DPS) tersebut jika ada pemilih yang memang belum terdaftar di sana langsung menghubungi PPS kami di desa, dan nanti akan diakomodir dimasukkan ke dalam daftar pemilih dan pada waktunya, pada tahapannya kami nanti akan juga menetapkan daftar pemilih hasil daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DSPHP)," jelas Rizal. 

Halaman
12
Penulis: Suharli
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved