Breaking News:

Berita Belitung Timur

KPU Belitung Timur Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Pilkada

KPU Belitung Timur melaksanakan rapat pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS)

Posbelitung.co/Suharli
Rapat pleno terbuka DPHP dan DPS tingkat kabupaten Belitung Timur pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur 2020, di guest hotel, Manggar Senin (14/9/2020) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG--KPU Belitung Timur melaksanakan rapat pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) tingkat Kabupaten Belitung Timur pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur tahun 2020.

Kegiatan itu melibatkan PPK KPU Beltim dan Forkopimda Beltim.

Ketua KPU Belitung Timur, Rizal mengatakan proses ini memang transparan dan terbuka, selain itu KPU berkeinginan adanya sinergaitas dengan pemda dan stakeholder.

"Jadi kami inginkan mereka juga mengetahui setiap kegiatan di setiap tahapan pilkada. Kami merekapitulasi baik ditingkat PPS, PPK dan Kabupaten Belitung Timur, selain itu kami juga meminta masukan Bawaslu Beltim," ujar Rizal kepada Posbelitung.co, Senin (14/9/2020).

Menurutnya KPU Beltim juga akan menyampaikan semua terkait rekapitulisasi, dan beberapa hari ke depan KPU juga ada mekanisme penyampaian hasil penetapan DPS kepada pimpinan parpol, LO dan Pemda serta stakeholder yang hadir berkenaan hasil penetapan tersebut.

Selain itu dia juga menjelaskan Pola input dari pemutahiran data pemilih masih mengunakan sistem sidalih, setelah direkap oleh PPS dan PPK, kemudian KPU beltim menginput ke sitem sidalih.

"Sidalih ini bukan hanya milik KPU Beltim tapi juga milik seluruh KPU, kami secara maraton menginput data tersebut kedalam sistem sidalih," jelas Rizal.

Dia menambahkan Kelebihan sidalih, langsung dapat mengkoreksi pemilih-pemilih yang diinput sesuai dengan NIK yang dimiliki masyarakat, dan tidak ada NIK yang sama oleh karenanya tingkat kesalahan dapat diminimalisir. (Posbelitung.co/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved