Breaking News:

Omzet 1,3 Juta IKM Anjlok hingga 90 Persen Dampak Pandemi Covid-19

Persoalan yang dihadapi adalah pendapatan yang menurun karena sulitnya melakukan produksi atau mendapatkan bahan baku.

Dokumentasi Humas Kementerian Perindustrian
Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita. 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan, pandemi Covid-1 sangat berdampak pada pelaku industri kecil dan menengah (IKM) di Indonesia. Sebab, setidaknya 1,3 juta IKM mengalami turun omzet hingga 90 persen.

"Terdapat 1,3 juta IKM dengan penyerapan 3,42 juta tenaga kerja terdampak covid-19 yang menghadapi berbagai permasalahan," kata dia dalam acara Festival Virtual Bangga Mesin Buatan Indonesia (BMBI Fest), Selasa (15/9/2020).

Agus menjelaskan, persoalan yang dihadapi adalah pendapatan yang menurun karena sulitnya melakukan produksi atau mendapatkan bahan baku, terdapat juga pengalihan waktu kerja serta penurunan omzet yang signifikan.

"Omzet penjualan juga menurun 50 persen sampai 90 persen akibat daya beli masyarakat yang menurun," ungkapnya.

Kendati demikian, Agus menyatakan, sejak kemunculan Covid-19 di Indonesia pada Maret 2020 lalu, pemerintah terus berupaya untuk merumuskan kebijakan pemulihan ekonomi nasional yang fokus pada pelaku IKM. Utamanya, pemberian insentif atau stimulus bagi IKM untuk bisa terus bergerak.

"Sejak awal kita merumuskan kebijakan telah memberikan komitmen stimulus dan insentif yang dibutuhkan bagi IMK. Sejak awal bahkan policy-policy (kebijakan) kami di pemerintah, itu yang pertama (terkait stimulus mengenai IKM)," kata Agus.

Oleh sebab itu, ke depan ia memastikan akan terus memantau perkembangan IKM yang tertekan oleh karena dampak pandei. Sehingga bisa melakukan langkah antisipasi yang tepat, sehingga stimulus yang diberikan juga bisa bermanfaat.

"Serta terus memantau dan mendorong semaksimal mungkin agar upaya yang telah diberikan pemerintah kepada sektor industri dapat segera terealisasi dan terasa manfaatnya," ujar dia. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dampak Pandemi, Omzet 1,3 Juta IKM Anjlok hingga 90 Persen"

Editor: tedja pramana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved