Breaking News:

Pilkada Belitung Timur

Dibolehkan Gelar Konser saat Kampanye Pilkada 2020, Ini Penjelasan KPU Belitung Timur

Komisioner KPU I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi mengatakan pihaknya memberi izin para kandidat calon bupati dan wakil bupati

Posbelitung.co/BryanBimantoro
Kepala Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia KPU Beltim Asrikhah 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG--Komisioner KPU I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi mengatakan pihaknya memberi izin para kandidat calon bupati dan wakil bupati pada pilkada 2020 untuk menyelenggarakan konser musik dalam kampanye.

Menurut Kepala Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia KPU Belitung Timur Asrikhah, kegiatan tersebut diatur dalam pasal 63 Peraturan KPU nomor 10 tahun 2020 tentang Pilkada di Tengah Bencana non-alam virus corona yang ditandatangani Ketua KPU Arief Budiman pada 31 Agustus 2020.

"Dalam pembuatan PKPU tersebut juga mengacu pada UU nomor 6 tentang Pilkada. Jadi isi dari PKPU tak mungkin berbeda atau bertentangan dengan UU tersebut," kata Asrikhah saat ditemui posbelitung.co, Rabu (16/9/2020).

Namun, walaupun dibolehkan menggelar konser tetap saja peserta harus dibatasi maksimal 100 orang saja sesuai dengan PKPU nomor 10 tahun 2020. Hal ini demi mencegah penyebaran virus corona.

"Tetap kami akan mengutamakan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya. Minggu ini akan kami berikan sosialisasi soal penyelenggaraan kampanye kepada bapaslon dan tim sukses supaya ada kesepahaman dalam hal ini. Sembari juga menunggu arahan dari KPU Provinsi," ungkap Asrikhah.

Dalam PKPU nomor 10 tahun 2020 mengatur tujuh jenis kegiatan yang dibolehkan dilaksanakan dalam masa kampanye dan tidak melanggar larangan kampanye sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Kegiatan tersebut ialah rapat umum, kegiatan sosial berupa bazar atau donor darah, peringatan HUT partai politik, kegiatan olahraga berupa jalan santai atau sepeda santai,  panen raya,  konser musik, kegiatan kebudayaan berupa pentas seni, perlombaan dan media daring.

"Kami mendorong juga kepada timses agar memanfaatkan teknologi informasi dalam masa kampanye demi meminimalisir terjadinya kerumunan," kata Asrikhah. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved