Breaking News:

Berita Belitung Timur

Peringatan Hari Jadi Kota Manggar di Tengah Covid-19, Semua Kegiatan Harus dengan Protokol Kesehatan

Persiapan hari jadi Kota Manggar ke-149 di tengah pandemi covid-19 Pemerintah Kabupaten Belitung Timur akan dilaksanakan beberapa kegiatan

Posbelitung.co/Suharli
Rapat Persiapan Persiapan hari jadi Kota Manggar ke-149 di ruang rapat Bupati Belitung Timur. Rabu (16/9/2020) posbelitung/suharli 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG--Persiapan hari jadi Kota Manggar ke-149 di tengah pandemi covid-19 Pemerintah Kabupaten Belitung Timur akan dilaksanakan beberapa kegiatan yang memungkinkan dengan protokol kesehatan.

Hari jadi Kota Manggar pada tahun sebelumnya memang dimeriahkan dengan beberapa kegiatan dan melibatkan orang ramai, kendati adanya pandemi, HUT Kota Manggar yang diperingati setiap tanggal 9 oktober kali ini akan sedikit berbeda, pelaksanaan kegiatan akan diatur dan menerapkan protokol kesehatan.

Asisten 1 Kabupaten Belitung Timur, Sayono ditemui usai rapat persiapan Kota Manggar ke-149 mengatakan di tengah pandemi tidak boleh menyerah dengan keadaan.

"Artinya kegiatan apapun bisa dilakukan sepanjang itu bisa dikawal dengan protokol kesehatan.
Yang mengawal bukan hanya pemerintah dengan gugus tugasnya atau satuan tugasnya tetapi semua masyarakat, itu yang harus dipahami,"  kata  Sayono kepada Posbelitung, Rabu (16/9/2020).

Dia menilai, meskipun saat ini Belitung Timur dalam kondisi baik, belum ditemukan kasus baru berkenaan Covid-19, bukan bearti masyarakat harus terlena atau abai dengan protokol kesehatan, dan jangan sampai kecolongan.

"Kalau semua warga menjalankan protokol kesehatan dijalankan tidak ada halangan untuk melakukan kegiatan, hanya saja tentunya ada batasan-batasan, misal ada kerumunanan itu harus terkendali jaga jarak pakai masker dan yang datang dipastikan sehat," tegas Suyono.

Dia menjelaskan dalam rapat persiapan Hari jadi Kota Manggar akan ada beberapa kegiatan.

Untuk itu Pemkab Beltim mencoba mensinkronkan apa saja kegiatan Kecamatan Manggar dengan kabupaten.

"Kegiatan ini juga dalam rangka sosialisi protokol kesehatan. Hari ini kami baru mematengkan kegiatan yang memungkinkan dapat dilaksanakan," ujar Sayono.

Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan diantaranya paripurna DPRD pada 9 Oktober, menganyam tikar lais tingkat pelajar, memasak gangan ikan darat atau laut khas Belitung, lomba vlog, lomba mural, lomba festival hasil bumi pajak dan prodak hasil unggulan desa, pameran tanaman hias, lomba pelayanan publik.

"Dan bila memungkinkan juga dilaksanakan peresmian launching tugu adipura. Kegiatan yang sudah direncanakan oleh kecamatan include dengan panitia kabupaten," ucapnya.

Plt Camat Manggar, Fitri Zakiah menyampaikan ada penyesuaian pelaksanaan hari jadi Kota Manggar akan dilakukan pembatasan peserta.

Dia mencontohkan untuk lomba misal kelompok umur dengan berbagai backgroud, pelajar, PKK, pemerintah dan umum.

"Lomba lebih kepada pamerannya, seperti festival hasil bumi, kami hanya membatasi dari desa, nanti desa yang akan menyeleksi siapa yang akan ambil andil. Pada rapat hari ini kami sudah sampai kepada kabupaten agar kegiatan diketahui dan juga bebar-benar menerapkan protokol kesehatan," bebernya. (Posbelitung.com/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved