Breaking News:

Berita Belitung

Raih Status Global Geopark, Ini Promosi Wisata yang akan Dilakukan, Target Wisatawan Mancanegara

Belitung saat ini sudah mendapatkan status Geopark Nasional. Usulan untuk proses Global Geopark ke Unesco

Bangkapos.com/Resha Juhari
Lubang bekas galian tambang dikenal Open Pit di Kecamatan Kelapa Kampit, Belitung Timur (Beltim) yang menjadi bagian dari usulan Geopark di Pulau Belitung. 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG--Belitung saat ini sudah mendapatkan status Geopark Nasional. Usulan untuk proses Global Geopark ke Unesco, sekarang ini sedang dalam tahap persiapan dokumen.

Tim Badan Pengelola (BP) Geopark Belitong dan Pemerintah Kabupaten Belitung sedang mempersiapkan dokumen tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Jasagung Hariyadi mengatakan, apabila Geopark Belitung nantinya lolos sidang pada tahun 2020 ini, sebagai Geopark Global, maka strategi yang disiapkan untuk pemasaran adalah melakukan promosi di kalangan dunia.

"Jadi promosi pariwisatanya nanti, tidak lagi di regional dan se Asia Tenggara, tapi nanti di  luar negeri. Itu mimpi dan rencana saya, apabila geopark ini lolos di Unesco," ungkap Jasagung kepada Posbelitung.co, rabu (16/9/2020).

Strategi promosi, tentu sangat berbeda dari sekarang ini, yaitu melalui digital marketing, dan itu diperkuat dengan sekarang ini Belitung sudah bekerja sama dengan salah satu Universitas di Inggris.

"Itu nanti, targetnya sudah wisatawan Amerika, Inggris, dan negara-negara Eropa. Ini harus dipersiapkan dari sekarang, apalagi Belitung ini, untuk sekarang menjadi yang terbaik di Indonesia," jelasnya.

Konsep Geopark, kata dia, tetap menjadi konsep yang akan didorong untuk pengembangan daerah, sebab konsep pariwisata seperti ini, adalah konsep inovasi baru, setelah booming Laskar Pelangi dan Sail Wakatobi Belitong.

"Dari konsep ini, dampak infrastrukturnya sangat luar biasa, karena Belitung ini akan menjadi pariwisata yang berkelanjutan. Apalagi Geopark ini punya konsep, pariwisata yang peduli lingkungan," harap Jasagung. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved