Breaking News:

Bupati dan Wakil Bupati Belitung Terbangkan Layangan Burung, Resmi Buka Lomba Layang-layang

Pembukaan Lumbe Layang-layang atau Lomba Layang-layang dihadiri langsung Bupati Belitung H Sahani Saleh dan Wakil Bupati Belitung

Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Bupati Belitung H Sahani Saleh saat mencoba menerbangkan layang-layang di Belitung Lodge & Club House, Kamis (17/9/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pembukaan Lumbe Layang-layang atau Lomba Layang-layang dihadiri langsung Bupati Belitung H Sahani Saleh dan Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie. Keduanya meninjau langsung kawasan Belitung Lodge & Club House di Dusun Air Gelarak, Desa Air Selumar yang menjadi gelaran kompetisi tersebut, Kamis (17/9/2020).

Didampingi sejumlah kepala organisasi daerah, unsur forkopimda, dan undangan siang itu, pembukaan secara resmi ditandai dengan menerbangkan layang-layang. Bupati dan Wakil Bupati pun menerbangkan layang-layang tiga dimensi berbentuk burung.

Dibantu para penerbang layang-layang, keduanya tak kalah antusias memegang tali layangan. Cuaca cerah hingga angin bertiup membuat tak perlu waktu lama menerbangkan layangan ke langit.

Menurutnya, kompetisi yang digelar secara lokal ini juga sebagai tanda mulai membangkitkan kembali pariwisata Belitung. Sembari membangkitkan perekonomian, terutama dengan adanya pameran dari beberapa pelaku UMKM yang juga menawarkan produknya pada event itu.

"Jadi memang membangkitkan sektor ekonomi yang berkaitan dengan pariwisata," tegasnya.

Di samping itu, lomba layang-layang juga mampu melestarikan tradisi dan mengingatkan kenangan masa kecil. Bahkan bila perlu bisa ditambah kategori layangan dengung yang bersuara khas. Bila perlu, bukan hanya lomba layang-layang, juga bisa diadakan berbagai lomba lain seperti lomba gasing.

Ke depan, ketika aman dari pandemi Covid-19, ia berharap event lomba layang-layang bertaraf nasional bisa kembali digelar. Sama seperti pada lomba layang-layang beberapa tahun lalu di Pantai Tanjung Kelayang.

Lomba Layang-layang menjadi event yang digelar Belitung Lodge & Club House bagi para penghobi layang-layang lokal. Ada 85 peserta yang mengikuti kompetisi yang dibagi menjadi empat kategori. Seperti kategori pentegak, begelas, kategori hias umum, dan kategori hias dinas.

"Tujuannya meningkatkan pariwisata Belitung yang kini sudah bebas (tidak ada kasus) Covid-19," kata General Manager Lodge & Club House Teuku Fahrul. (q2)

Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved